Disdik Minta Pelatih Olahraga Berikan Ilmu Cinta Tanah Air

0
28
Arto

beritasebelas.com,Palembang – Masih banyaknya atlet yang bisa dibeli dan lari dari Palembang demi membela daerah lain karena iming-iming bonus membuat dilema pembinaan atlet di tataran pelajar.

Potret Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang membuat Palembang runtuh dari pertahanan juara umum salah satu disebabkan banyaknya atlet hijrah ke kabupaten lain.

Berangkat dari hal tersebut, pihak Dinas Pendidikan Kota Palembang meminta pelatih Olahraga di sekolah menanamkan rasa cinta Tanah Air dalam hal ini Palembang yang telah membina sejak dini.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Palembang H Ahmad Zulinto saat membuka kompetisi KSN, KOSN, Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi tingkat Korwil IV (IB1, IB2 dan Bukit Kecil) di SD Islam Az Zahrah Palembang, Senin 2 Maret 2020.

“Ini adalah kegiatan terprogram, maka disini kita bangun bahwa mencari bibit yang baik juga harus dibekali dengan karakter dan disiplin. Sehingga nanti bisa mewakili Palembang di tingkat provinsi hingga Nasional,” terangnya.

Pihaknya mengetahui bentul lantaran ia dua kali diminta menjadi manager cabang olahraga pada Porprov di Lubuklinggau 2017 dan Porprov Prabumulih 2019.

“Kenapa itu bisa terjadi, karena kita tak bisa menanamkan rasa cinta tanah air Palembang. Sehingga kami minta sekolah dan pelatih agar menanamkan jiwa olahraga yang disiplin, tanamkan karakter yang baik,” ajaknya.

Sementara itu dikatakan Wakil Ketua Pelaksana H Achmad Fahrudin LC mengatakan bahwa kompetisi ini diikuti 350 siswa dari 36 sekolah di wilayah tiga kecamatan yakni Ilir Barat 1, Ilir Barat II dan Bukit Kecil.

“Dan mereka akan mengikuti tiga kompetisi yaitu KSN, KOSN dan FSL2N,” ujarnya.

Pria yang juga Kepala SD Islam Az Zahrah Palembang ini mengatakan dari tiga kompetisi tersebut yakni kompetisi Siswa Nasional (KSN) dengan dua tangkai lomba yaitu IPA dan MTK. Kemudian Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) yaitu cabang olahraga atletik, senam, renang, badminton, karate dan bola kaki.

Dan terakhir adalah Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FSL2N) yang terdiri dari menyanyi solo, seni tari dan pantonim.

print