Disebut Bisa Membuat Hati Tenang, Amalkan Doa Malam yang Selalu Dibaca oleh Nabi Muhammad Ini

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM – Agar tidur malammu bisa berkulitas maka tak ada salahnya membaca bacaan doa ini.

Pasalnya bacaan doa ini disinyalir bisa  membuat kita tenang.

Apalagi bila doa tersebut dibaca menjelang tidur atau pada malam-malam ketika kita gelisah, sedang penat dan tubuh kita perlu beristirahat.

Doa ini pun kerap dibaca oleh Nabi Muhammad.

Berdoa bagi umat Islam dipercaya perannya sangat penting sekali dalam kehidupan sebab selain menjadi sarana mengadu segala permasalahan pada Allah SWT.

Adapun memanjatkan doa kepada Allah SWT menjadi cara untuk menunjukkan keimanan dan kepercayaannya pada Sang Pencipta.

Bukan hanya itu, berdoa juga biasanya dilakukan untuk memohon kebaikan dan berbagai kemudahan dalam kehidupan kepada Tuhan.

Dikutip bangkapos.com melalui kompas.tv, Ustadz Alvin Nur Choironi, Lc pun mengisahkan sebuah doa ini, doa yang kerap dibaca oleh Nabi Muhammad ketika malam hari tiba.

Baca Juga: Bisa Buka Pintu Rezekimu Lebar-lebar dan Dosanya Terhapus, Ini Bacaan Doa Sholat Dhuha dan Surat Pendek yang Bisa Kamu Amalkan

Doa ini kerap dibaca Rasulullah dan bisa kita amalkan ketika malam tiba.

“Dengan harapan agar Allah senantiasa memberikan keberkahan kepada kehidupan kita khususnya di malam hari,” tulisnya seperti dikutip di situs Islami.co.

Doa malam hari ini termaktub dalam dalam kitab Sahih Imam Muslim. Berikut doanya:

Allahummajal fi qalbi nuran, wa fi bashari nuran, wa fi sam’i nuran, wa an yasari nuran, wa fauqi nuran, wa tahti nuran, wa amami nuran, wa khalfi nuran, wa addhim li nuran.

“Ya Allah, jadikanlah hatiku cahaya, dalam penglihatanku cahaya, dalam pendengaranku cahaya, di sisi kananku cahaya, di sisi kiriku cahaya, di atasku cahaya, di bawahku cahaya, di depanku cahaya, di belakangku cahaya, dan agungkan cahaya untukku.”

Ketika memanjatkan doa pada malam hari ini, Anda dianjurkan untuk memantapkan hati dan menyerahkan segala yang terbaik kepada Allah. Hal-hal seperti ini akan membuat hati kita lebih tenang.

Doa Tidur

Selain doa malam hari, terdapat juga doa tidur.

Seperti diketahui, tidur adalah aktivitas rutin setiap manusia.

Baca Juga: Lengkap dengan Tulisan Arab, Latin dan Artinya, Inilah Bacaan Doa Naik Kendaraan dan Bepergian agar Terhindar dari Segala Hal Buruk yang Tak Diinginkan

Tidur yang baik bisa memulihkan tenaga setelah seharian beraktivitas.

Nah, agar menjadi berkah, berikut doa tidur baik sebelum dan sesudah serta adabnya sesuai sunnah Rasulullah.

1. Doa Sebelum Tidur

باسمِكَ اللَّهُمَ أَحْيا وأمُوتُ

Bismika allahumma ahyaa wa amuut

“Dengan nama-Mu ya Allah, aku hidup dan aku mati.” (HR.Bukhari dan Muslim)

2. Doa Sebelum Tidur lain

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ خَلَقْتَ نَفْسِيْ وَأَنْتَ تَوَفَّاهَا، لَكَ مَمَاتُهَا وَمَحْيَاهَا، إِنْ أَحْيَيْتَهَا فَاحْفَظْهَا، وَإِنْ أَمَتَّهَا فَاغْفِرْ لَهَا. اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَافِيَةَ

Allahumma innaka kholaqta nafsii wa anta tawaffaahaa, laka mamaatuhaa wa mahyaahaa, in ahyaytahaa fahfazh-haa, wa in ammatahaa faghfir lahaa. Allahumma innii as-alukal ‘aafiyah.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau menciptakan diriku, dan Engkaulah yang akan mematikannya. Mati dan hidupnya hanya milik-Mu. Apabila Engkau menghidupkannya, maka peliharalah (dari berbagai kejelekan). Apabila Engkau mematikannya, maka ampunilah. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu keselamatan.”

Doa Bangun Tidur

الحَمْدُ ِللهِ الَّذِي أَحْيَاناَ بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَ إِلَيْهِ النُّشُوْرُ

“Alhamdullillahilladzi ahyaanaa bada maa amaatanaa wa ilaihin nushur”

Terjemahannya: Segala puji bagi Allah yang menghidupkan kami kembali setelah Dia mematikan kami, dan hanya kepada-Nya kami akan dibangkitkan.”

(*)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Nabi Muhammad Selalu Mambaca Doa Malam Hari, Ternyata Disebut Membuat Hati Tenang, Silakan Diamalkan

Baca Juga: Jelaskan Bagaimana Keadaan Hari Penghabisan, Berikut Bacaan Surat Al-Mumtahanah ayat 1-13 Disertai Tulisan Latin dan Terjemahannya

Halaman Selanjutnya 1|2|3| Show all >>

Artikel Asli

Sumber: gridhype.id

  • Bagikan