Doa Saat Rasakan Gempa Bumi

  • Bagikan

Ilustrasi seismograf gempa bumi. Foto: Getty Images

Gempa berkekuatan 6,7 magnitudo mengguncang Sumur, Banten, Jumat (14/1). Getarannya bahkan terasa sampai ke Jabodetabek.

Di mana pun kamu berada, hal yang harus dilakukan tentu jangan panik. Evakuasi diri ke tempat yang lebih aman. Dan, jangan lupa berdoa.

Islam telah memberikan tuntutan bagaiman seorang muslim saat mengalami gempa. Itu tertuang dalam Al-Quran surat Al Mu’min ayat 60 yang berbunyi:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدْعُونِىٓ أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِى سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

Artinya: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.”

Ilustrasi Tasbih Foto: pexels

Lalu, doa khusus yang bisa dipanjatkan ketiga gempa terjadi juga bisa dibaca. Berikut bacaan doa ketika gempa bumi yang sebaiknya dipanjatkan oleh umat Muslim.

ﺍَﻟﻠَّﻬُﻢّ ﺇِﻧّﻲْ ﺃَﺳْﺄَﻟُﻚَ ﺧَﻴْﺮَﻫَﺎ ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﻓِﻴْﻬَﺎ، ﻭَﺧَﻴْﺮَ ﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ؛ ﻭَﺃَﻋُﻮْﺫُ ﺑِﻚَ ﻣِﻦْ ﺷَﺮِّﻫَﺎ، ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎﻓِﻴْﻬَﺎ ﻭَﺷَﺮِّﻣَﺎ ﺃَﺭْﺳَﻠْﺖَ ﺑِﻪِ

Allahumma inni asaluka khairaha wa khaira ma fîha, wa khaira ma arsalta bihi, wa a’udzubika min syarriha, wa syarri ma fîha wa syarri ma arsalta bihi.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

Gempa di Banten ini berada di kedalaman 10 km. BMKG menyebut gempa tidak berpotensi tsunami. Sejumlah rumah warga di Banten dilaporkan mengalami kerusakan.

Artikel Asli

Sumber: kumparan.com

  • Bagikan