Gempa 6,6 M Banten Terasa di 14 Daerah Jabar, 2 Rumah Rusak Sedang

  • Bagikan

Penjelasan tentang gempa yang menggucang wilayah Jabodetabek. Foto: Twitter/@DaryonoBMKG

Guncangan gempa berkekuatan 6,6 magnitudo yang berpusat di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten, terasa ke berbagai wilayah di Jabar.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Pusdalops BPBD Jabar, getaran gempa terasa ke 14 kabupaten dan kota.

Yakni, Kabupaten Sukabumi, Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Pangandaran, dan Kabupaten Ciamis.

Berdasarkan data yang dihimpun BPBD Jabar, tercatat getaran gempa mengakibatkan 2 rumah di Kabupaten Sukabumi rusak sedang. Masing-masing berada di Kampung Gobang dan Kampung Parung Cabok.

Ilustrasi gempa bumi. Foto: Inked Pixels/shutterstock

Selain itu, BPBD Jabar memastikan tak ada korban jiwa akibat gempa ini. Namun BPBD Jabar masih terus berkoordinasi dengan BPBD di tingkat kabupaten dan kota terkait dampak dari getaran gempa tersebut.

BMKG telah mengimbau masyarakat untuk tidak panik, namun tetap waspada dan menghindari bangunan yang rusak terdampak.

“Kepada masyarakat di lokasi terdampak diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelas BMKG, Jumat (14/).

“Hindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” lanjut BMKG.

Sementara itu, dilaporkan ada belasan rumah di Pandeglang dan Lebak, Banten, yang rusak hingga roboh akibat gempa 6,6 magnitudo pada sore tadi.

Artikel Asli

Sumber: kumparan.com

  • Bagikan