Gempa M 6,7 Banten Terasa di Ciptagelar, Mendes PDTT: Tenang Ada Abah

  • Bagikan

Sukabumi –

Gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,7 terjadi di Sumur, Banten. Guncangan gempa terasa hingga Kampung Adat Ciptagelar, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi.

Saat kejadian, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar tengah berada di teras Imah Gede bersama Ketua Adat Kasepuhan Ciptagelar.

Saat itu pria yang akrab disapa Gus Halim itu tengah memperkenalkan beberapa orang Sekjen dan Dirjen yang datang bersama rombongannya. Tiba-tiba guncangan dirasakan cukup kencang, bangunan yang mayoritas terbuat dari kayu terdengar berderak.

Sejumlah warga yang berkumpul juga mulai riuh. Radio telekomunikasi penyelenggara acara juga mengabarkan soal gempa.

Baca juga: Gempa! Lift Balai Kota Jakarta Dimatikan, Evakuasi Lewat Tangga Darurat

Gus Halim berhenti sejenak. Ia terlihat menoleh ke arah belakang, beberapa warga memang terlihat berlarian kecil. Namun Abdul Halim saat itu masih terus memperkenalkan staf-stafnya. Sejumlah awak media juga merasakan guncangan gempa tersebut.

“Anu sering ya, oh sering (gempa). Tenang aja, ada Abah enggak apa-apa,” kata Gus Halim sambil melirik Abah Ugi yang berada di dekatnya.

Ia terus melanjutkan perkenalan staf-stafnya di kementrian Mendes PDTT. Diketahui Gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,7 terjadi di Sumur, Banten. Gempa ini tak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

“Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” demikian keterangan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Jumat (14/1/2022).

Gempa terjadi pad apukul 16.05 WIB. Lokasi gempa berada di koordinat 7,01 Lintang Selatan dan 105,26 Bujur Timur.

Kedatangan pria yang akrab disapa Gus Menteri itu ke Kampung Adat Ciptagelar untuk merayakan Sewindu Undang-undang Desa di perkampungan adat tersebut. Puncak acara akan digelar pada Sabtu (15/1/2022) besok.

(sya/mso) gempa banten gempa bumi gempa ciptagelar mendes pdtt sukabumi birojabar

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan