Ghozali Everyday jadi Miliarder Berkat NFT, RK Soroti Sisi Marketing

  • Bagikan

Bandung –

Ghozali Everyday viral jadi miliarder usai menjual foto selfie dirinya melalui Non Fungible Toke (NFT). Kesuksesan Ghozali ini dinilai Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil peluang baru mendongkrak ekonomi kreatif.

Selain Ghozali, Kang Emil sapaannya juga sempat membantu menjual lukisan hasil karya Solihin pelukis jalanan di Braga melalui Opensea NFT dengan harga Rp 4,2 juta dari biasanya dijual di jalan Rp 500 ribu. Menurut Kang Emil, kesuksesan-kesuksesan ini merupakan bukti ada peluang lain untuk meningkatkan ekonomi kreatif.

“Apa yang saya sampaikan saat itu terbukti kan? Capaian Ghozali dan lukisan yang dijual Pak Solihin di jalan Braga yang saya pajang di akun NFT sangat membanggakan. Saya berharap ini menginspirasi pelaku industri kreatif lainnya,” ucap Emil kepada wartawan, Jumat (14/1/2022).

Baca juga: Hebring! Jengkol Tasik-Majalengka Diekspor ke Dubai UEA

Emil mengatakan NFT yang sudah digaungkan sejak tahun lalu tersebut ternyata berdampak positif. Menurutnya tak hanya lukisan, produk kreatif lainnya bisa ditawarkan di NFT. Pola perdagangan di bursa seni digital ini dinilai tidak lagi mempersoalkan karya bagus atau jelek, sepanjang ada yang menyukai maka transaksi akan terjadi.

Terlebih, kata dia, karya-karya NFT Ghozali Everyday yang terjual menurutnya menunjukan bahwa pembeli menghargainya dengan nilai luar biasa. Data DappRadar, kata Emil, mencatat penjualan NFT mampu menembus angka tertinggi yaitu 10,7 Miliar USD atau sekitar Rp 152 Triliun pada kuartal III tahun 2021.

“Saya lihat ada anak kecil buat gambar digital dapat Rp 4 miliar. Ada satu gambar monyet dijual Rp 50 miliar. Jadi, apa yang terlihat sederahana bisa mahal karena kuncinya dimarketing. Jika kuncinya marketing maka saya punya peran mengangkat, menaikan mempromosikan (karya). Jadi tak semata karya luar biasa pasti mahal. Karyanya biasa aja tapi karena marketingnya mampu meningkatkan minat jadi mahal,” kata Emil.

Baca juga: Didamaikan Jaksa Usai Curi Besi PT KAI, 3 Pria di Subang Bertobat

Dengan adanya hal tersebut, Emil juga akan berinovasi di tingkat Pemprov Jabar. Salah satunya dengan membuka akun NFT guna memfasilitasi Seniman dan pelaku ekonomi kreatif lainnya.

“Jadi (pelaku ekonomo kreatif) bisa titip di akun yang kami buat, tidak usah register dan bayar lagi. Nanti hasil penjualannya kita serahkan pada pemilik karya. Kita ibaratnya menyediakan wadah,” tutur Emil.

Emil juga mengajak generasi muda lainnya untuk tak takut berkreasi. Sebab, saat ini sudah ada ruang untuk menjual hasil karya seninya dengan nominal yang tinggi.

“Saya mengajak anak muda milenial untuk fokus berkarya, perlu diingat momentum Indonesia Emas 2045 memerlukan orang-orang tangguh dan kreatif,” kata dia.

Baca juga: Kisah Kidang & Kerti Rasi Bintang Penunjuk Waktu Menanam Padi di Ciptagelar (yum/bbn) ghozali everyday nft ridwan kamil jawa barat non fungible token kang emil birojabar

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan