Gintan, Bocah Yatim Piatu Asal Garut yang Idap TBC Meninggal Dunia

  • Bagikan

Garut –

Gintan Maryani (6), bocah yatim piatu asal Garut yang mengidap penyakit TBC meninggal dunia. Gintan yang juga tuna wicara itu sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit sebelum meninggal dunia.

Gintan meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut pada Jumat (14/1/2022) pagi tadi. Kabar meninggalnya Gintan dikonfirmasi Dadan, kerabat Maulana Akbar, Kakak Gintan.

“Iya meninggal tadi pagi jam 5,” kata Dadan saat dikonfirmasi, Jumat siang.

Baca juga: Pengobatan Bocah Yatim Piatu Idap TBC Ditanggung Pemkab Garut

Gintan meninggal dalam keadaan sakit. Dia didiagnosa mengalami penyakit TBC. Bocah cantik asal Babakan Loa, Tarogong Kidul itu juga diketahui memiliki keterbatasan tidak bisa berbicara atau tuna wicara.

Dadan mengatakan, sebelum meninggal, Gintan sempat menjalani perawatan medis di RSUD dr. Slamet Garut selama beberapa hari terakhir.

“Dirawat sejak hari Sabtu kemarin,” katanya.

Gintan sempat meramaikan media sosial warga Garut, setelah beberapa akun media sosial mengunggah fotonya sejak Senin (10/1) lalu. Dalam unggahan itu, sejumlah akun medsos meminta bantuan warganet untuk membantu Gintan yang dirawat di rumah sakit.

Kisah Gintan ini mengundang banyak simpati dan bikin warganet terenyuh. Gintan diketahui merupakan bocah kecil yang ditinggal kedua orang tuanya. Ibunya, Neni meninggal sesaat setelah melahirkan Gintan tahun 2015 lalu. Sedangkan ayahnya, Sutendi meninggal saat Gintan dalam kandungan sang ibu.

Sejak saat itu, Gintan diurus kakek-nenek dan tiga orang kakaknya. Gintan diketahui sudah sakit sejak dia dilahirkan. “Adik saya ini sudah sakit sejak lahir,” kata Maulana Akbar, kakak pertama Gintan.

Mereka hidup dalam keterbatasan. Untuk biaya sehari-hari mereka menggunakan uang bantuan dari pemerintah, berbentuk Kartu Indonesia Pintar (KIP) milik Akbar yang kuliah.

Kabar meninggalnya Gintan mengundang banyak duka dari berbagai kalangan. Yudha Puja Turnawan, anggota DPRD Garut mengaku terkejut dengan kabar tersebut. Sebab, beberapa hari lalu dia sempat mengunjungi Gintan secara langsung di rumah sakit.

“Kita tentunya berbela sungkawa atas meninggalnya Gintan. Insya Allah ahli surga. Tentunya mengejutkan, karena kemarin saya dikirim video kondisinya membaik,” kata Yudha.

(mso/bbn) bocah yatim piatu bocah idap tbc garut birojabar

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan