Gubernur Sumsel Minta Dana NPCI Sumsel Segera Dicairkan

0
9
Dudi

beritasebelas.com,PalembangGubernur Sumsel H Herman Deru mengaku siap mendukung dan mensupport pembinaan atlet disabilitas di Sumatera Selatan yang dibina oleh National Paralymlic Committee Indonesia (NPCI) Sumsel.

Komitmen tersebut disampaikan saat menerima audiensi Pengurus NPCI Sumsel di Ruang Rapat Gubernur Sumsel, Jumat 10 Juli 2020.

Apalagi, saat ini Sumsel akan menghadapi tiga multievent besar dari level nasional hingga Internasional. Mulai dari Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) di Palembang 2021, Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) di Papua 2021 dan Paralymliade di Tokyo 2021.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangat mengapresiasi capaian prestasi atlet-atlet disabilitas Sumsel. Dari tingkat nasional hingga Internasional,” ujar H Herman Deru.

Ia berharap  atlet-atlet Sumsel semakin dapat mengharumkan nama Sumsel di multievent yang akan dihadapi. Ia berpesan agar tetap menjalani latihan dan mempersiapkan diri. Dan Pemerintah Provinsi siap mensupport pembinaan dan prestasi NPCI Sumsel.

Sementara itu dikatakan Ketua Umum NPCI Sumsel Ryan Yohwari mengatakan akan menghadapi tiga event besar yakni Pekan Paralympic Pelajar Nasional (Peparpenas) di Palembang 2021, Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) di Papua 2021 dan Paralymliade di Tokyo 2021.

“Ternyata setelah ketemu Pak Gubernur, tidak sesulit yang dibayangkan. Beliau mengaku tidak akan membeda-bedakan atlet Umum dan disabilitas. Termasuk anggaran tadi juga disupport dan minta segera dicairkan,” ujarnya.

Menurut Ryan, dengan adanya support dari Gubernur Sumsel jajaran atlet, pelatih dan tim pengurus kembali menambah spirit baru untuk mempersiapkan pembinaan prestasi di kompetisi yang akan dihadapi.

“Makanya setelah diterima audiensi ini, kami seperti mendapat suplemen. Perhatian Gubernur ini seperti semakin meningkatkan motivasi dan gairah kami untuk maju lebih baik lagi membawa nama Sumsel,” ujarnya.

Semangat mereka itu semakin terpompa setelah Gubernur Herman Deru mengisyaratkan agar para atlet ini tak perlu mengkhawatirkan biaya operasional mereka untuk latihan.

Ryan menjelaskan sejauh ini NPCI telah  berupaya membawa nama baik Sumsel baik di kancah nasional mauoun internasional. Seperti pada 2018 misalnya NPCI berhasil meloloskan sedikitnya 13 atlet ke Asian Paragames.

“Bahkan ada 4 atlet kini tengah menjalani persiapan untuk Paralympic di Jepang 2021 mendatang,” jelasnya.

Empat atlet Sumsel tersebut jelas Rian masing-masing  2 renang dan atletik. Sementara pada pra Kejurnas ini NPCI meloloskan sebanyak 80 atlet.

“Tahun 2018 kita jadi Provinsi yang paling produktif meraih medali 8 emas dan 5 perunggu di Asian Paragames. Bahkan Sumsel menjadi  target pusat  sebagai penyumbang medali di Asian Paragames Vietnam mendatang,” ujarnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris NPCI Sumsel M Soleh, atlet tenis meja Rahmat Hidayat, atlet angkat berat Nikmah dan atlet catur Maksum Firdaus. Serta pejabat dari Pemprov Sumsel seperti Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Akhmaf Najib.

print