Hadapi Revolusi Industri 4.0, Terapkan Sistem Pembelajaran ‘Easy Class’

0
42

[Siswa SMAN 4  Palembang yang menggunakan sistem komputer dalam proses belajar mengajar – Foto Arto/beritasebelas.com]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Guna menghadapi Revolusi Industri 4.0, pihak SMA Negeri 4 Palembang terus berupaya menciptakan lulusan yang gak hanya paham mengenai ilmu pembelajaran tapi juga teknologi, informasi dan komunikasi.

Berangkat dari hal tersebut, salah satu SMA unggulan Palembang tersebut membuat satu terobosan dengan meluncurkan program Easy Class. Suatu program pembelajaran siswa dengan menggunakan Informastion Teknologi (IT).

Demikian disampaikan Kepala SMA Negeri 4 Palembang Drs Risman MSi usai memantau proses belajar mengajar Porgram Easy Class di sekolahnya, Kamis 8 Agustus 2019.

“Saat ini memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Perubahan begitu cepat, jika kita tak melakukan terobosan maka lulusan kita hanya menjadi lulusan biasa. Makanya kita meluncurkan Progran Easy Class ini,”terang Risman.

Ia menambahkan bahwa program Easy Class diluncurkan dengan konsep belajar semua menggunakan komputer. Baik itu dalam proses belajar, ujian dan juga pemaparan materi.

Siswa akan diberikan pasword dan kemudian mengerjakan soal-soal yang telah disiapkan oleh oleh para guru. Tak hanya dalam proses ujian tapi juga saat belajar, siswa harus login melalui pasword yang telah dibuat sistem.

“Jadi ini mirip seperti Ruang Guru, dan sesuai namanya Easy, jadi belajar jadi mudah. Belajar, termasuk Mid semester menggunakan komputer,”jelasnya.

Menurut Risman sejauh ini, SDM guru tak ada masalah karena telah disiapkan guru yang benar-benar berkompeten untuk membuat program Easy Class ini. Dan program Easy Class ini sebelumnya diberikan cara dan prosesnya kepada para guru-guru sehingga semua berjalan lancar dan mudah.

“IT profesional, SDM guru juga berkompeten termasuk komputer kita ada siapkan 165 unit dan ada bantuan dari Kementerian pusat 20 unit jadi kita total siapkan 85 unit dengan empat lab komputer,”jelasnya.

print