Hari Tani, Puluhan Masyarakat Pagar Batu Gelar Aksi Di Halaman Pemkab Lahat

0
14

[Puluhan masyarakat Desa Pagar Batu saat menggelar aksi di depan kantor DPRD Lahat – foto : A Yudiansyah/beritasebelas.com]

A Yudiansyah

beritasebelas.com, Lahat – Guna menyampaikan aspirasinya, Puluhan masyarakat Desa Pagar Batu Kecamatan Pulau Pinang Kabupaten Lahat menggelar aksi dihalaman kantor Pemkab Lahat. Aksi ini dilakukan untuk menolak Rancangan Undang-undang (RUU) tentang Pertanahan.

Febri Haryono, Ketua Forum Pemuda Pemudi Pagar Batu (FP3B) dalam orasinya menyampaikan bahwa mereka datang ke kantor DPRD Kabupaten Lahat ini tidak lain ialah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat terutama masyarakat Desa Pagar Batu Kabupaten Lahat tentang penolakan RUU Agraria.

“Dihari Tani Nasional ini dan atas dasar Pancasila No.5, UUD 1945 pasal 33, UUPA 5 1960, TAP MPR 9 2001, Nawacita Presiden Jokowi dan PP 86 2018. Untuk itu kami menuntut dan mendesak kepada anggota dewan yang tidak lain adalah perwakilan kami untuk menolak RUU pertanahan tersebut,” tegasnya, Rabu 25 September 2019.

Adapun yang mereka inginkan dalam perjuangan mereka di depan Kantor DPRD Kabupaten  Lahat ini ialah pertama  menolak RUU Pertanahan, kedua Wujudkan Reforma Agraria Sejati dan ketiga kembalikan tanah pagar batu seluas 180,36 Hektar.

Melihat tidak ada satupun anggota DPRD Kabupaten Lahat yang berada dikantor, masa akhirnya menuju ke kantor Pemerintah Kabupaten Lahat untuk melanjutkan aspirasi mereka kepada Bupati Lahat.

Dede Chaniago kembali menegaskan bahwa mereka datang tidak lain bertujuan untuk menuntut tiga hal yang telah disampaikan sebelumnya, salah satunya penolakan RUU tentang Pertanahan.

Menindaklanjuti tuntutan masyarakat tersebut, Bupati Lahat melalui Asisten II Hj.Sri Mulyati mengatakan, dirinya akan menyampaikan aspirasi masyarakat tersebut kepada Bupati melalui Bapak Sekda.

“Kami akan sampaikan apa yang disampaikan oleh masyarakat tersebut kepada Bupati Lahat melalui Bapak Sekda,” terangnya singkat.

print