Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam Dibuka Untuk Umum

0
297

Dudi

beritasebelas.com,PalembangIstana Adat Kesultanan Palembang Darussalam terletak di Jalan Sultan M Mansyur nomor 776, Bukit Lama, Kecamatan. Ilir Barat II, Kota Palembang, 30134 kini dibuka untuk umum, namun sekarang  sedang dalam progres renovasi kembali dimana sebelumnya banyak kegiatan kebudayaan dan sejarah dilangsungkan di Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam ini .

[Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) Jayo Wikramo RM Fauwaz Diraja SH Mkn]
Sebenarnya sejak tahun 2010, Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam sudah mulai dipakai untuk umum .

“Nanti tempat ini akan menjadi lokasi pengembangan  budaya-budaya Palembang seperti bagaimana cara kita menjaga koleksi naskah kuno, disini  ada ratusan naskah kuno yang kita simpan,  ada juga buku-buku sejarah dan budaya, ada gambar-gambar atau peninggalan budaya dan sejarah, disini nanti akan  jadikan pusat  adat Palembang Darussalam walaupun kecil tapi Insya Allah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) Jayo Wikramo RM Fauwaz Diraja SH Mkn, Selasa 17 Desember 2019.

Dilantai atas menurutnya,  ada aula kecil  untuk tempat mengedukasi masyarakat  disini ada balai-balai untuk tempat berkumpul dan sering mengadakan acara dengan masyarakat dan kalangan mahasiswa yang ingin mengenal sejarah dan budaya  Palembang dan pihaknya siap menerima siapapun yang datang ke Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam.

“Sekarang bagaimana kita menghidupkan adat kita,  agar adat kita jangan tergerus oleh masa jadi  berbeda sistimnya, kalau zaman dulu  kita memiliki  wilayah kekuasaan  kalau sekarang kita lebih konsisten kepada untuk pelestarian dan menghidupkan adat budaya Palembang,” katanya.

Untuk Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam, dia mengatakan, tengah membuat konsep baru supaya memaksimalkan Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam.

“Aula atas itu  rencananya kita setting menjadi tempat seminar, jadi semacam ruang seminar atau diskusi dan FGD, karena kita mulai merasa  sangat kekurangan sekali masyarakat yang paham akan sejarah dan budaya Palembang, akibat tidak tahu sejarah dia lupa adat dan budaya , jadi kita lebih fokus mengembangkan adat dan budaya,“ katanya.

Untuk menggunakan Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam oleh masyarakat menurutnya,  harus di konfirmasi dahulu, karena walaupun dibuka umum, namun harus ada guide yang mendampingi yang memberikan penerangan.

“Menggunakan Istana Adat Kesultanan Palembang Darussalam gratis,  karena kita tujuannya untuk mengedukasi budaya Palembang kepada masyarakat,” katanya.

print