Jalinsum Gumay Talang-Kikim Timur Amblas

0
49
Dudi

beritasebelas.com,Lahat – Hujan deras yang menguyur Kabupaten Lahat sekitar pukul 04.00 hingga 10.39, Jumat (7/2), membuat akses Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), tepatnya di perbatasan Kecamatan Gumay Talang dan Kikim Timur, amblas.

Pantauan di lapangan, kondisi aspal akses Jalinsum tersebut terbelah, dengan kedalaman kisaran 50-60 cm, panjang retakan bervariasi, dan tentunya menganggu arus lalu lintas (Lalin).

Anggota DPRD Lahat asal Kikim Area, Muhammad Tabroni membenarkan hal tersebut, ketika dirinya melintas hendak ke kantor, Jalinsum amblas dengan kedalaman kisaran 50 cm.

“Berbahaya sekali, kalau kendaraan roda empat berukuran kecil atau sedang bisa lewat. Kalau jenis truk besar, kemungkinan besar tidak bisa,” katanya. Ditambahkannya, kendaraan harus melewati pinggir badan jalan secara perlahan-lahan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Lahat, Mirza Azhari ST menuturkan, kerusakan akses Jalinsum tersebut masuk wewenang pihak Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

“Sudah kita laporkan kepada Balai Besar Jalan dan Jembatan Provinsi Sumsel, agar kiranya dapat segera diperbaiki,” katanya.

Untuk sementara, sambung dia, pihaknya juga meminta kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk membuat rambu-rambu sehingga kendaraan bisa mengetahuinya.

“Kita juga berkomunikasi dengan BPBD Lahat, supaya dibuatkan rambu-rambu sementara, agar kendaraan bisa mengetahui dan mengurangi kecepatannya,” katanya.

print