Kepala BMKG di Gedung Tinggi Saat Gempa Guncang Jakarta, Soroti Evakuasi

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM – Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut gedung bertingkat di Jakarta belum siap dari evakuasi gempa. Dia meminta hal ini jadi perhatian.

Hal itu disampaikan Dwikorita dalam konferensi pers, Jumat (14/1/2022). Dwikorita meminta seluruh pekerja di gedung bertingkat untuk berlatih evakuasi mandiri ketika ada gempa.

“Lebih sering berlatih evakuasi mandiri, terutama yang berada di gedung bertingkat, tadi saya juga di gedung bertingkat,” kata Dwikorita.

Baca juga: Cerita Walkot Tangsel Rasakan Gempa M 6,6 Saat Rapat: Lampu Gantung Goyang

Berdasarkan pengalamannya itu, Dwikorita menilai gedung di bertingkat di Jakarta belum siap dengan jalur evakuasi gempa. Dia meminta hal ini menjadi perhatian.

“Kita lihat nampaknya karena di gedung publik ya bukan di gedung BMKG, ini apa kayanya juga belum siap juga, di Jakarta padahal, di Jakarta gedung bertingkat, di Jakarta pusat itu kayaknya belum siap,” ujarnya.

“Ini warning bagi kita semua ini di mal-mal, di hotel-hotel ini mohon menyiapkan kondisi tersebut,” lanjut Dwikorita.

Baca juga: Terjadi Peningkatan Gempa Sebulan Ini, BMKG Minta Pemda-pemda Ini Bersiap

Selain itu, Dwikorita juga berharap adanya tempat perlindungan sementara saat gempa terjadi di setiap gedung. “Kita berharap setiap rumah atau gedung bertingkat menyiapkan tempat berlindung dari guncangan gempa,” ujar Dwikorita.

(eva/gbr) gempa gempa banten gempa jakarta gempa pandeglang pandeglang

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan