Buat Pesta Perpisahan Kepala Sekolah Pensiun, Siswa SDN 15 OKU Diminta Sumbangan Rp 60 Hingga Rp 150 Ribu

0
4190

[foto : IST/net]

Bagus

beritasebelas.com, Baturaja – Orang tua siswa SD Negeri 15 OKU mengeluhkan adanya pungutan berdalih sumbangan pesta perpisahan Kepala Sekolah, guru dan penjaga sekolah yang sudah memasuki masa pensiun. Hebatnya lagi pihak sekolah memasang tarif besaran sumbangan harus dibayar siswa.

Menurut keterangan salah satu orang tua siswa yang enggan dikutip namanya mengatakan, setiap 1 orang anak dikenakan tarif Rp 60 ribu. Beda halnya jika ada saudaranya satu sekolah, kalau ada dua orang bersaudara dikenakan Rp 90, jika tiga orang Rp 150.

“Kalau itu sumbangan sukarela kami mau pak, tapi kalau di kasih harga dan dipaksakan harus bayar, kami keberatan pak, bukan masalah keberatan yang lain, ini masalahnya tidak ada uang sebesar itu pak,” katanya.

Lebih hebatnya lagi, menurut keterangan orang tua siswa, anaknya distrap didepan kelas, karena belum bayar uang sumbangan,” yang lebih kasihan anak teman saya, kelas 1 disetrap guru didepan kelas, karena belum bayar uang, ini sumbangan atau pemaksaan?.

Saat awak media menyambangi SDN 15 yang dipimpin oleh Adi Warti yang akan dipestakan saat pensiunnya nanti, tidak bisa ditemui. Namum pihak Dinas Pendidikan OKU saat dikonfirmasi melalui Sekretaris Dinas Alfarizi, langsung menurunkan tim diketuai oleh Kabid SD Sobri untuk melakukan penyelidikan terkait hal tersebut.

Sobri saat ditemui di SDN 15 OKU mengatakan, jika dirinya telah menemui Kepala Sekolah SDN 15 OKU dirumahnya. Sobri menanyakan perihal pungutan kepada siswa.

“Saya tadi kerumah Kepala Sekolah dulu, mau konfirmasi langsung ke Kepala Sekolahnya. Menurut Kepala Sekolah, sokongan tersebut atas ide dari komite sekolah,” kata Sobri.

Dirinya juga menyampaikan perintah atasan untuk membatalkan seluruh sumbangan untuk perpisahan pensiunnya tersebut.

“Jadi kita sudah memerintahkan kepada Kepala Sekolah untuk membatalkan sumbangan tersebut, dan uang yang telah dikumpulkan, dikembalikan lagi kepada seluruh siswa,” pungkasnya.

print