Kisah Ibu Hamil Turun Tangga dari Lantai 17 Saat Gempa Guncang Jakarta

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM – Gempa berkekuatan magnitudo (M) 6,6 mengguncang Jakarta dan wilayah sekitarnya. Ibu hamil yang bekerja di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pun terpaksa menyelamatkan diri dengan menuruni tangga darurat dari lantai 17.

Kisah ibu hamil yang menuruni tangga darurat saat gempa mengguncang Jakarta itu dibagikan melalui Twitter, Jumat (14/1/2022). Ibu hamil tersebut disebut merupakan pekerja di Noble House, Mega Kuningan.

“Perempuan hamil ini menuruni tangga dari lantai 17 ke lantai dasar setelah merasakan gempa di Noble House, Mega Kuningan, Jakarta Selatan,” tulis akun @gegerimon.

Baca juga: Cerita Warga Apartemen di Jakbar Saat Gempa M 6,6: Terasa Goyang 5 Menit

Akun itu juga menjelaskan bahwa hari ini merupakan hari terakhir ibu hamil tersebut bekerja sebelum cuti hamil.

“Hari ini merupakan hari terakhirnya di kantor sebelum mengambil cuti hamil dan melahirkan di 2 minggu ke depan,” lanjutnya.

Dia turut mengabarkan bahwa ibu hamil itu sehat dan selamat usai menuruni anak tangga. Dalam video yang disertakannya, ibu hamil itu tampak menuruni tangga darurat bersama rekan-rekan kerjanya.

Gempa M 6,6

Sebelumnya gempa M 6,7 yang diperbarui menjadi M 6,6 mengguncang wilayah Banten. Gempa tersebut terasa kuat di Jakarta, Bandung hingga Lampung.

Guncangan gempa dirasakan di Cikeusik dan Panimbang dalam skala VI MMI. Kemudian di Labuan dan Sumur dalam skala IV MMI.

Gempa juga dirasakan di Tangerang Selatan, Lembang, Kota bogor, Pelabuhan Ratu, Kalianda, Bandar Lampung, dalam skala III-IV MMI. Kemudian di Anyer dalam skala III MMI.

Sementara, di Jakarta, Kota Tangerang, Ciracas, Bekasi, Kota Bandung, Kab.Bogor, Kotabumi, gempa dirasakan dalam skala II-III MMI.

Baca juga: Gempa Banten Guncang Kuat Jakarta, Wagub Ariza Minta Warga Tenang

Skala VI MMI artinya getaran dirasakan oleh semua penduduk. Kebanyakan semua terkejut dan lari keluar. Skala IV MMI artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Skala III-IV MMI artinya bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah. Skala III MMI berarti getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu. Sementara, skala I-III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Gempa susulan juga terjadi pascagempa. Gempa susulan itu berkekuatan M 3,7 hingga M 5,7.

Simak Video ‘Gempa M 6,7 Banten Terasa di Jakarta, Karyawan ‘Berlomba’ Turun dari Gedung’:

[Gambas:Video 20detik]

(mae/tor) gempa jakarta gempa banten gempa jakarta selatan jabodetabek

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan