Komedian Fico Fachriza Dicokok Polisi Gegara Diduga Konsumsi Narkoba Jenis Tembakau Gorila, Apa Bedanya dengan Ganja Biasa?

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM- Komedian Fico Fachriza ditangkap polisi karena dugaan pemakaian narkoba jenis tembakau sintetis atau dikenal sebagai tembakau gorila.

Hal itu dibenarkan oleh Wadirresnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Donny Alexander ketika menanggapi pertanyaan mengenai jenis narkoba yang digunakan oleh figur publik tersebut.

“Iya, benar (narkoba jenis tembakau gorila),” kata Donny, dikutip dari Kompas.com, Jumat (14/1/2022).

Namun, Donny belum menjelaskan secara terperinci mengenai penangkapan Fico Fachriza maupun barang bukti yang ditemukan penyidik.

Dia hanya menegaskan bahwa sampai saat ini Fico Fachriza masih diperiksa secara intensif oleh penyidik dari Ditresnakorba Polda Metro Jaya.

“Masih pemeriksaan,” jelas Donny.

Sebelumnya, Dirresnarkoba Polda Metro Jaya Kombes Mukti Juharsa membenarkan informasi penangkapan artis berinisial FF dan mengungkap identitasnya yang merupakan seorang komedian.

“Iya benar, iya komedian,” jelas Mukti saat dikonfirmasi, Jumat.

AKBP Donny Alexander kemudian mengungkapkan bahwa sosok FF yang ditangkap terkait kasus narkoba adalah Fico Fachriza.

Komedian terebut ditangkap penyidik pada Kamis (13/1/2022).

“Iya, benar (Fico Fachriza),” jelas Donny saat dikonfirmasi, Jumat (14/1/2022).

Mengutip Tribun Medan, Tembakau Cap Gorilla telah dimasukkan ke daftar narkoba jenis baru oleh Badan Narkotika Nasional.

Dari bentuknya, tembakau gorilla sama dengan tembakau pada umumnya. Setelah melalui uji laboratorium, diketahui bahwa tembakau tersebut bercampur dengan zat kimia synthetic cannabinoid dan AB-CHMINACA.

Saat tembakau ini dilinting bersama rokok, penghisapnya merasa seperti tertiban gorila, merasa berat dan menimbulkan efek halusinasi.

Berdasarkan hasil temuan laboratorium BNN, ada efek samping bagi kesehatan tubuh, yaitu badan terasa mengambang, berhalusinasi, pergerakkan badan terbatas, nyeri dada, hipertensi, stroke bahkan Infark Miokardium.

Ciri-ciri pengguna tembakau gorilla hampir sama seperti pengguna ganja. Malas bekerja, gatal-gatal di sekujur tubuh seperti cacar dan dapat meninggalkan bekas luka koreng akibat garukan tangan.

Beberapa selebritas Tanah Air pernah ditangkap karena kepemilikan tembakau gorilla, antara lain Bobby Joseph, Dylan Carr, Naufal Samudra, dan kibordis The Titan, Andika.

 

(*)

Artikel Asli

Sumber: grid.id

  • Bagikan