Konsumsi Ikan di Banyuasin Meningkat

0
124

Haqulana

beritasebelas.com,Banyuasin – Meski menjadi kabupaten pemasok ikan terbesar di Sumatera Selatan, namun Konsumsi ikan di Banyuasin belum mampu menyamai target konsumsi ikan perkapita Nasional 2017 sebesar 47,12 kg.

Kepala Dinas Perikanan Banyuasin Kosarundi mengatakan, konsumsi ikan perkapita Banyuasin tahun 2017 baru mencapai 43 kg. Meningkat tiga kilogram dari capaian tahun 2016 lalu yang mencatat 40,6 kg.

[Untuk meningkatkan kegemaran konsumsi ikan dinas terkait di Banyuasin melakukan kreasi makanan serba ikan di Banyuasin – Foto Haqulana beritasebelas]
“Kalau berpatokan dari target Nasional memang belum sampai, namun dibanding tahun lalu mengalami peningkatan,” katanya  Selasa 23 Mei 2017.

Bahkan, lanjut Kosar dengan capaian 43 kg ini Banyuasin termasuk peringkat 10 besar kabupaten dengan konsumsi ikan perkapita tertinggi Nasional.

“Dibanding kabupaten lain, Banyuasin masih masuk 10 besar Nasional,” ungkapnya.

Menurutnya, pola pikir masyarakat yang beranggapan banyak makan ikan dan udang dapat menyebabkan cacingan, manjadi salah satu faktor yang harus diluruskan, untuk meningkatkan konsumsi perkapita ikan di Banyuasin.

“Untuk itu kami telah memaksimalkan sosialisasi agar warga gemar makan ikan,” ujarnya.

Selain itu, untuk meningkatkan stok ikan di Banyuasin, pihaknya juga memberikan bantuan kapal dan alat tangkap.

“Dengan harapan konsumsi ikan di Banyuasin meningkat dan perekonomian warga juga terangkat,” harapnya.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Anna Suzana menanmbahkan, untuk meningkatkan kegemaran makan ikan pihaknya juga melakukan sejumlah inovasi. Dengan membuat berbagai olahan makanan yang berbahan baku dari ikan. Mulai dari cemilan, lauk, kue, es krim, permen dan berbagai makan olahan ikan.

“Bahkan setiap tahun selalu digelar lomba gemar makan ikan dengan menampilkan sejumlah kreasi menu berbahan dasar ikan,” pungkasnya.

print