Kulit Gatal Jangan Diremehin! Bisa Jadi Gegara Kamu Menderita Diabetes, Ini Cirinya

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM, Jakarta —

Diabetes merupakan penyakit kronis yang mengancam nyawa. Namun, sayangnya penyakit ini jarang disadari sedari awal sehingga baru diketahui ketika sudah memasuki komplikasi.

Hal itu dikarenakan masih banyak yang menganggap sepele gejala diabetes yang biasanya ditandai dengan rasa haus berlebihan dan sering buang air kecil. Namun, ternyata ada lho tanda lain yang bisa membuatmu was-was memiliki diabetes, yakni tangan dan kaki terasa gatal.

Rasa gatal mungkin hanya disebabkan kurangnya kelembapan pada kulit, tapi terkadang, tangan dan kaki yang gatal juga bisa menandakan kondisi kesehatan lain lho. Salah satunya adalah pertanda penyakit diabetes.

Perlu diketahui bahwa ternyata diabetes itu sangat memengaruhi banyak bagian tubuh, termasuk juga kulit. Nah apabila diabetes sudah memengaruhi kulit, ini tanda kadar gula darah (glukosa) di dalam tubuh dalam kadar yang sangat tinggi sehingga menimbulkan kulit gatal.

Gatal sering kali merupakan gejala polineuropati diabetik, yaitu kondisi yang berkembang saat diabetes menyebabkan kerusakan saraf. Kondisi kulit tertentu yang berkembang akibat diabetes juga dapat menyebabkan kulit gatal.

Artikel Asli

Sumber: herstory.co.id

  • Bagikan