Lagi-lagi Korea Utara Luncurkan Proyektil, Ketiga dalam Sepekan

  • Bagikan

Pyongyang –

Korea Utara (Korut) kembali meluncurkan sebuah proyektil tak teridentifikasi ke arah timur wilayahnya pada Jumat (14/1) waktu setempat. Peluncuran ini merupakan yang ketiga kalinya dilakukan Korut dalam sepekan terakhir.

Seperti dilansir AFP, Jumat (14/1/2022), laporan aktivitas peluncuran terbaru Korut ini mencuat setelah Amerika Serikat (AS) menjatuhkan sanksi baru terhadap rezim komunis tersebut. Sanksi baru AS itu mendorong Korut bersumpah untuk tidak akan menyerahkan ‘hak membela diri’.

“Korea Utara menembakkan proyektil tak teridentifikasi ke arah timur,” ucap Kepala Staf Gabungan militer Korea Selatan (Korsel), tanpa menjelaskan secara detail.

Baca juga: Korut Ancam AS Usai Disanksi Gegara Peluncuran Rudal Hipersonik

Secara terpisah, penjaga pantai Jepang menyatakan telah mendeteksi ‘peluncuran dari Korea Utara yang tampaknya merupakan rudal balistik atau rudal pada pukul 14.55 waktu setempat’.

Juru bicara penjaga pantai Jepang menuturkan kepada AFP bahwa pihaknya masih menganalisis lokasi jatuhnya rudal tersebut dan apakah Korut meluncurkan satu rudal atau lebih.

Meskipun dijatuhi sanksi internasional atas program nuklirnya, Korut tetap menguji coba rudal buatannya yang diklaim sebagai rudal hipersonik pada 5 Januari dan 11 Januari lalu.

Selanjutnya Halaman 1 2 korea utara peluncuran rudal rudal korea utara rudal korut

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan