Lulusan SMK Jangan Hanya Kejar Cari Kerja

0
46

[Plt Kasi Peserta Didik SMK Dinas Pendidikan Sumsel Mondya Boni – Foto Arto/beritasebelas.com]

Arto

beritasebelas.com, Palembang – Jika lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) identik dengan target mencari kerja setelah lulus akan tetapi tidak di zaman ini. Era dimana teknologi semakin berkembang yang menuntut generasi muda menjadi wirausaha apapun bentuknya.

Apalagi, tak bisa dipungkiri tantangan generasi muda semakin ketat dalam era revolusi Industri 4.0. Pesatnya perubahan menuntut pelajar dituntun untuk jeli menghadapi peluang. Demikian dikatakan Plt Kasi Peserta Didik SMK Dinas Pendidikan Sumsel Hj Mondya Boni, SE S.Kom disela-sela mengunjungi SMK Negeri 5 Palembang, Kamis 15 Agustsu 2019.

“Target kita lulusan SMK 80 persen memilih wirausaha. Jadi sasaran nya bukan hanya kerja tapi juga siap jadi wirausaha,”terang Modya.

Dikatakannya, bahwa komitmen Dinas Pendidikan Sumsel menurutnya bukan hanya wacana saja. Pasalnya, berbagai upaya terus ditempun guna menciptakan lulusan yang tak hanya cerdas, berkarakter tapi juga profesional di era revolusI Industri 4.0.

“Seperti halnya sekolah pariwisata di Kota Palembang sekarang sudah MoU dengan beberapa hotel di Kota Palembang,”ujar Mondya.

Bahkam komitmen sekolah pariwisata yang berbasis SMK telah dibentuk program One School One GM. Artinya satu sekolah SMK pariwisata satu GM hotel Palembang.

“Begitu juga SMK yang konsen dijurusan lain. Selain kita dorong untuk masuk DUDI juga kita dorong untuk siap jadi wirausaha,”jelasnya.

print