Mahasiswi IAIN Salatiga Meninggal Usai Ikut Kegiatan Mapala

  • Bagikan

Ilustrasi mayat. Foto: Shutter Stock

Seorang mahasiswi IAIN Salatiga bernama Asif I Ahany (19) meninggal dunia setelah mengikuti kegiatan Mapala yang diadakan di Gunung Telomoyo Salatiga, Jawa Tengah.

Mahasiswi asal Pabelan, Kabupaten Semarang tersebut diduga meninggal dunia karena penurunan kondisi fisik akibat kelelahan usai mengikuti kegiatan tersebut.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah (Polda Jateng), Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengatakan, berdasarkan keterangan para saksi kegiatan Mapala dengan agenda perekrutan anggota baru digelar sejak Jumat, 7 Januari 2022 hingga Rabu, 12 Januari 2022.

“Tapi Kamis, 13 Januari 2022 korban terus mengalami penurunan kondisi kesehatan yang semakin memburuk hingga akhirnya pada malam hari sekitar pukul 22.10 WIB, dalam kondisi tidak sadar korban diantar oleh rekan-rekannya dengan dibonceng motor ke IGD RS. dr. Asmir Salatiga,” ujar Iqbal melalui keterangan tertulis yang diterima kumparan, Jumat (14/1).

Namun, nyawa mahasiswa itu tidak tertolong meski tim dokter telah melakukan pemeriksaan dan tindakan medis. Asif dinyatakan meninggal pada pukul 22.30 oleh dokter jaga yang menangani.

“Tidak ada tanda-tanda kekerasan (di tubuh korban). Keluarga juga tidak ingin dilakukan autopsi terhadap almarhumah. Itu tertuang pada surat pernyataan keluarga,” jelas dia.

Berkaca dari peristiwa itu, ia meminta masyarakat untuk mempertimbangkan faktor cuaca dan kesiapan fisik sebelum melaksanakan kegiatan out door.

“Untuk mencegah terulangnya kejadian serupa, hingga cuaca kembali membaik kami imbau agar segala kegiatan dilakukan melalui online. Bila mengharuskan tatap muka agar dilakukan dalam ruangan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Iqbal.

Artikel Asli

Sumber: kumparan.com

  • Bagikan