Masak Ayam Nanas dan Sambal Tempoyak Terbanyak, Lahat Raih Rekor MURI

0
49
[Bupati Lahat saat menerima sertifikat dari tim penilai Musium Rekor Indonesia]

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Kabupaten Lahat patut berbangga dengan hasil pencapaian diraih oleh TP PKK Kabupaten Lahat, meraih rekor Musium Rekor Indonesia (Muri) dengan memecahkan rekor Masak Ayam Nanas dan Sambal tempoyak sebanyak 1000 porsi.

Acara digelar dilapangan eks Lapangan MTQ Lahat Rabu 28 September 2019, ribuan masyarakat Kabupaten Lahat tumpah ruah menyaksikan peristiwa bersejarah itu. Hadir dalam penyerahan rekor Muri Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, diwakili Staf Kusus Bidang Otonomi daerah, Ahmad Rizali.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Lidyawati Cik Ujang, mengatakan kegiatan ini adalah untuk melestarikan masakan khas daerah Lahat, maka dari itu kami tim PKK melalui rekor Muri sekaligus memperkenalkan masakan khas Lahat.

“Melalui pergelaran rekor muri ini kami ingin mengatakan mengenalkan masakan khas daerah kita ini ke tingkat Nasional bahkan Internasional,” katanya, Rabu 18 September 2019.

Senada, Bupati Lahat Cik Ujang SH mengatakan Kabupaten Lahat sama seperti kabupaten lain memiliki makanan khas yang dihidangkan  pada acara pesta rakyat dan acara pernikahan. Cik Ujang berharap dengan masakan ayam Nanas sebanyak 1885 ekor Ayam dan 1000 porsi sambal tempoyak akan mengenalkan masakan khas Lahat ke tingkat Nasional.

“Akan kita upayakan masakan Ayam Nanas dan Sambal tempoyak ini di buat kan hak ciptanya dan akan kita jadikan kuliner oleh-oleh,” ujarnya.

Tak lupa Cik Ujang mengucapkan terimakasih kepada pihak yang telah terlibat dalam suksesnya acara pemecahan rekor Muri ini kepada baik dari BUMN, BUMD, OPD, Camat, Lurah, serta Kades atas suksesnya acara berjalan lancar,” ucapnya.

print