Mega Tolak Perpanjangan Jabatan Jokowi, Fadli Zon Jawab Begini

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM – Pernyataan Presiden ke-5 Megawati yang menolak perpanjangan masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum lama ini mengejutkan dunia politik tanah air.

Pernyataan itu disebutkan secara langsung oleh bawahannya, yakni Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto.

Hal tersebut lantas disoroti sejumlah pihak, salah satunya anggota DPR RI Komisi I Fadli Zon.

“Menurut saya, sikap menolak perpanjangan masa jabatan Presiden adalah sikap yang konstitusional,” ujar Fadli Zon kepqda BERITASEBELAS.COM, Sabtu (15/1).

Dirinya juga mengatakan bahwa pemilihan umum merupakan hak konstitusional yang sangat diidam-idamkan seluruh rakyat Indonesia.

“Janganlah siklus 5 tahunan yang sudah digariskan konstitusi ditabrak. Saya yakin rakyat juga ingin jadwal kontestasi demokrasi tetap sesuai rencana semula, yaitu 2024,” ucapnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengklaim Ketua Umum Megawati Sukarnoputri menolak perpanjangan masa jabatan presiden.

Hasto juga mengatakan bahwa Megawati akan patuh pada konstitusi. Oleh sebab itu, ketua umum PDIP tersebut tetap setuju dengan maksimal masa jabatan dua periode sebagaimana diatur dalam konstitusi.

Di sisi lain, pengamat politik Dedi Kurnia Syah juga mengapresiasi langkah Megawati. Sebab, keputusan tersebut sama seperti menjaga konstitusi sesuai UUD 19945.

“Statemen Megawati layak diapresiasi, setidaknya ini menegaskan posisi PDIP dalam menjaga konstitusi tetap berjalan sesuai amanatnya,” tutur Dedi.(*)

Kalian wajib tonton video yang satu ini:

Artikel Asli

Sumber: genpi.co

  • Bagikan