Mendagri Bantah Rencana Lantik Harnojoyo Wali Kota Palembang

0
369

 

tjahjo-kumolo-kpk-foto.tjahjo-kumolo-670
Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Tjahjo Kumolo

Beritasebelas.com, Jakarta

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo membantah pemberitaan yang menyebutkan pihaknya akan melantik Harnojoyo sebagai Wali Kota Palembang, dalam waktu dekat. Saat ini, Wakil Wali Kota Palembang Harnojoyo masih berstatus Plt Wali Kota sebagaimana Surat Keputusan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H  Alex Noerdin.

“‎Belum ada rencana pelantikan dalam waktu dekat. Konsep SK-nya saja belum,” tegas Mendagri Tjahjo Kumolo,  Rabu (12/8). Bantahan Tjahjo Kumolo juga disampaikan terkait adanya sejumlah pendapat pakar hukum yang menilai langkah Mendagri tidak tepat bila melantik Harno sebagai Wali Kota Palembang.

Dijelaskan Tjahjo, sejauh ini pihaknya sudah berhati-hati dalam memutuskan sesuatu. Terlebih dalam masalah Palembang ini, di samping telah ada putusan Pengadilan Tipikor Jakarta yang memvonis bersalah Wali Kota Romi Herton karena menyuap (mantan) Ketua MK, Akil Mochtar, ada pula keputusan DPRD Palembang yang diperkuat MA mengabulkan uji pendapat pemberhentian Wali Kota Romi Herton dan wakilnya Harnojoyo.

“Wali Kota (Romi) memang sudah ada keputusan tetap pengadilan dan Plt Wali Kota mendapat keputusan DPRD dan diperkuat MA. Tentunya akan menjadi pertimbangan saya sebagai Mendagri,” kata mantan Sekjen PDIP tersebut. Karena itu, diungkapkan Tjahjo, tim hukum Kemendagri dan tim Otonomi Daerah Kemendagri, mengumpulkan berbagai pendapat ahli hukum atas keputusan politik serta hukum dari DPRD dan MA tersebut. Apalagi sesuai fakta Pengadilan Tipikor Jakarta, tidak terbukti ada keterlibatan Harno dalam membantu Romi melakukan penyuapan. Terkait dengan fakta hukum yang Plt Walkota Palembang tidak ada buktinya baik saksi KPK maupun persidangan. Namun Kemendagri tetap harus hati-hati dan cermat sebelum ambil keputusan. (ndu)

print