Minim Kompetisi, Sekolah Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus Sesalkan Pemerintah 

0
46



Arto

beritasebelas.com, Palembang – Sekolah Inklusi di Palembang yakni SD Negeri 30 Palembang yang menerima dan membina Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) menyesalkan minimnya kompetisi bagi siswa yang digelar Pemerintah terkait. 

Terakhir sejak 2018 lalu, SDN 30 Palembang turut ikut serta mengirimkan anak berkebutuhan khusus (ABK) yang biasa digelar tingkat kota, provinsi hingga nasional.

Namun, hampir dua tahun belakangan ini pihaknya tidak ada lomba-lomba bagi siswa ABK berprestasi ini.

Kepala SDN 30 Palembang, Nuraini, mengatakan walaupun tahun lalu tidak ada lomba khusus ABK tapi pihaknya tetap membina, mempersiapkan para siswa ABK yang ada disini untuk mengasah  kemampuannya.

“Tiap tahun biasanya ada lomba-lomba yang digelat khusus siswa ABK tapi sejak tahun 2019 kita tak dengar lagi,” bebernya, Selasa 14 Januari 2020.

Kata dia, setiap tahun pihaknya mengikutsertakan banyak siswa ABK dengan prestasi masing-masing siswa. 

Seperti dalam bidang olahraga, bidang seni, bidang sains dan lain sebagainya.

“Tiap tahun banyak yang kita ikut sertakan, bahkan prestasinya sampai ke tingkat nasional,”tegasnya.

Ia berharap ditahun ini bakal kembali ada lomba-lomba khusus siswa ABK ini. “Kita harap sih ada karena melalui lomba-lomba inilah yang bisa menyalurkan prestasi siswa ABK ini,” ungkap dia.

Tambah dia, sejak tahun 2013 SDN 30 Palembang ini sudah ditunjuk menjadi salah sekolah inklusi yang ada di kota Palembang bahkan sudah menajdu pilot project pendidikan inklusi di Palembang.

“Di Palembang ini ada beberapa sekolah dasar yang merupakan sekolah inklusi. Maksudnya menerima siswa anak berkebutuhan khusus yang diterima disekolah dan bergabung dengan siswa normal lainnya,” pungkasnya. 

print