MTs N 1 Palembang Arahkan Siswa Penggunaan Gadget

0
201
[Siswa MTs Negeri 1 Palembang saat menggumpulkan gadget sebelum proses belajar – foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Guna mengarahkan penggunaan gadget bagi siswa, pihak Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Palembang memberikan standar penggunaan gadget.

Kepala MTs Negeri 1 Kota Palembang Tugino mengatakan, penggunaan gadget dikalangan pelajar, khususnya di MTs Negeri 1 Palembang kita pantau terus dalam penggunaannya. Siswa/i boleh menggunakan handphone android di kelas jika ada pembelajaran yang harus menggunakan gadget.

“Memang pengaruh gadget itu banyak negatifnya, sedangkan dampak positif hanya bisa dirasakan pada saat siswa-siswi dikawal pada saat menggunakan HP tersebut. Seperti saat mencari materi pelajaran, tentu HP sangat berdampak positif. Siswa boleh menggunakan HP apabila dipandang perlu oleh guru yang mengajar dalam mata pelajaran tersebut memang harus menggunakan HP,”ujarnya,  Kamis 22 Agustus 2019

Dia menyebutkan, siswa boleh membawa gadget dari rumah setelah mereka tiba di sekolah gadget mereka dikumpulkan dengan ketua kelas selanjutnya ketua kelas menyerahkan HP tersebut ke wali kelasnya. Ketika HP diperlukan didalam proses pembelajaran atau mau pulang sekolah HP dibagikan kembali sama siswa untuk keperluan memesan gojek, menelpon orang tuanya dan sebagainya.

“Selain dari pada itu juga, alasan penerapan sistem penggunaan HP seperti ini di MTs N 1 siswa didalam pembelajaran akan fokus dan konsentrasi pada saat kegiatan belajar mengajar. Persoalannya anak-anak kita yang masih labil belum punya kemampuan menyaring yang baik. Sehingga setiap informasi baik itu positif maupun negatif akan ditelan seutuhnya. Celakanya kalau kemudian hal negatif itu diaplikasikannya di kehidupan kesehariannya, maka bisa dipastikan akan merusak anak-anak kita,” jelasnya.

Sedangkan Salah satu siswa kelas IX MTs Negeri 1 Siti Nazila Nur Putri mengatakan, pengontrolan didalam penggunaan HP yang diterapkan disekolah kami ini bagus, karena kami bisa belajar lebih fokus menerima pelajaran yang diberikan guru kepada kami.

“HP baru bisa digunakan dikelas apabila untuk mata pelajaran yang memang harus menggunakan HP,”pungkasnya.

print