OKU Timur Miliki DPT Terbanyak

0
226
Dudi

beritasebelas.com,Palembang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) memprediksi, jumlah pemilih di Pilkada serentak tidak akan berbeda jauh dari jumlah pemilih saat Pemilu 2019 lalu.

Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana, perubahan daftar pemilih tersebut bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya meninggal dunia, perubahan status dari anggota TNI/ Polri ke masyarakat biasa (pensiun), atau sebaliknya.

“Selain itu ada juga pemilih pemula yang baru memenuhi syarat, namun saya rasa perubahan itu tidak terlalu signifikan,” kata Kelly, Jumat 7 Februari 2020.

Menurutnya, daftar pemilih merupakan tahapan krusial dalam penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Permasalahan daftar pemilih dari pemilu ke pemilu, selalu menjadi persoalan klasik dan tak pernah kunjung usai, harus diminimalisir oleh jajaran KPU Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada serentak 2020.

“Saat inikan DP4 dari Kemendagri sudah di KPU RI, dan sedang disinkronisasikan dengan DPT terakhir (DPT 2019). Nanti diturunkan ke KPU provinsi, terus KPU kabupaten, sebelum dimuktahirkan oleh petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP),” jelasnya.

Dijelaskan Kelly sesuai tahapan, pada bulan April akan dimulai pencocokan dan penelitian (coklit) oleh PPDP, yang nantinya akan mencoret pemilih yang sudah tidak memenuhi syarat, dan mencatat pemilih yang memenuhi syarat untuk terdaftar di DPT.

“Saya rasa tidak terlalu susah, karena rentan waktu Pemilu 2019 dengan Pilkada 2020 tidak terlalu jauh, sehingga kita harapkan permasalahan daftar pemilih bisa diminimalisir nantinya,” kata Kelly.

Di Sumsel ada 7 Kabupaten yang akan melaksanakan Pilkada serentak pemilihan Bupati dan Wakil Bupati, 23 September mendatang.

Ketujuh kabupaten itu, Musi Rawas (Mura) yang pada Pemilu 2019 lalu memiliki DPT sebanyak 289.544. Musi Rawas Utara (Muratara) DPT 2019 sebanyak 148.678.

Kemudian, Ogan Ilir (OI) sebesar 288.973, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) sebanyak 131.576, Ogan Komering Ulu (OKU) sebanyak 258.062, OKU Selatan sebanyak 269.099, dan Kabupaten OKU Timur jumlah DPT sebanyak 487.124 pemilih.

print