Pacitan Tiga Kali Diguncang Gempa dalam Enam Jam

  • Bagikan

Pacitan –

Pacitan tiga kali diguncang gempa dalam enam jam. Gempa pertama pukul 09.02 WIB dengan magnitudo 2.7.

Titik gempa tersebut yakni 8.64 LS 111.10 BT. Atau 51 km barat daya Pacitan. Kedalaman gempa yakni 36 km.

Gempa kedua terjadi pukul 10.58 WIB. Titik gempa M 2.6 tersebut yakni 8.01 LS 111.26 BT. Atau 25 km timur laut Pacitan. Kedalaman gempa yakni 11 km.

Terakhir yakni gempa M 4.6 pukul 15.23 WIB. BMKG mencatat, pusat gempa berada pada koordinat 10.12 LS 110.55 BT. Tepatnya 224 km barat daya Pacitan dengan kedalaman 10 km.

Baca juga: Gempa Pacitan M 4,6 Tak Dirasakan Warga

Meski tergolong besar, namun gempa tak dirasakan warga Kota 1001 Gua. Aktivitas warga pun tetap berjalan seperti biasa.

“Dari tadi saya tiduran di atas tikar. Nggak terasa apa-apa,” ucap Nur Cahyono, seorag karyawan saat ditemui detikcom di kantornya, Jalan Raden Saleh, Jumat (14/1/2022).

Cahyo mengaku kaget begitu mendengar kabar ada gempa di perairan Pacitan. Dirinya baru mengetahui informasi itu saat membuka grup WhatsApp. Dia berharap gempa tidak menimbulkan dampak.

“Semoga semua baik-baik saja,” tambahnya.

Baca juga: Gempa Darat Magnitudo 2,6 Guncang Pacitan

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Erwin Andriatmoko menyebut, sejauh ini belum ada informasi kerusakan akibat gempa tersebut. BPBD terus berkoordinasi dengan pemangku wilayah.

Mantan Camat Tegalombo itu pun mengimbau warga agar tetap tenang. Di sisi lain mereka diminta tetap mengedepankan kesiapsiagaan. Ini karena wilayah Pacitan memang berdekatan dengan potensi gempa.

“Kesiapsiagaan memang penting dalam kondisi apapun. Kami pun dari BPBD terus berupaya meng-update setiap informasi melalui Pusdatin. Masyarakat bisa memantaunya melalui banyak platform,” katanya.

(sun/sun) gempa gempa pacitan gempa terkini kabar jatim birojatim

Artikel Asli

Sumber: detik.com

  • Bagikan