Pangdam Pimpin Sertijab Danyonif Raider 200/BN

0
268
Dudi

beritasebelas.com,Palembang – Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., memimpin langsung upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Batalyon (Danyon) Infanteri Raider 200/Bhakti Negara dari pejabat lama, Letnan Kolonel Inf Erwan Susanto, S.I.P., kepada pejabat sementara, Mayor Inf Andy Irawan, Kamis (9/1) di lapangan Markas Komando Yonif Raider 200/BN, Gandus, Palembang.

Prosesi upacara sertijab Komandan Yonif Raider 200/BN di tandai dengan penyematan pangkat dan tanda jabatan, penyerahan Tongkat Komando dan Tunggul Yonif Raider 200/BN “Cepat, Senyap, Tepat” oleh Pangdam II/Swj kepada pejabat baru Mayor Inf Andy Irawan.

Mayor Inf Andy Irawan adalah lulusan Akmil tahun 2003 sebelumnya berdinas sebagai Kasmin Pangdam II/Swj, sementara Letkol Inf Erwan Susanto, S.I.P., selanjutnya akan menempati jabatan baru sebagai Dandim 0419/Tanjab Korem 042/Gapu, Jambi.

Dalam amanatnya, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Irwan, S.I.P., M. Hum., mengatakan bahwa, serah terima jabatan merupakan salah satu upaya penyegaran organisasi yang dilandaskan pada aspek pembinaan satuan. Sertijab Danyonif Raider 200/BN yang prosesinya baru saja disaksikan, hendaknya disikapi sebagai upaya untuk regenerasi kepemimpinan dengan memberi kesempatan kepada perwira untuk memperoleh pengalaman tugas yang beragam, sehingga diharapkan akan semakin membuka wawasan, pengetahuan dan kemampuan manajerial kepemimpinannya.

“Hal tersebut semata-mata adalah untuk meningkatkan kualitas kinerja, guna menjamin tercapainya keberhasilan pelaksanaan tugas pokok satuan dalam rangka mendukung tugas-tugas Kodam II/Swj,” kata Pangdam.

Menurut Pangdam, sebagai satuan pemukul strategis, Yonif Raider 200/Bhakti Negara merupakan  kekuatan penangkal sekaligus kekuatan penindak terhadap segala kemungkinan gangguan yang mengancam keutuhan wilayah serta Kedaulatan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah Kodam  II/Swj ini.

Dengan menyandang kualifikasi Raider, sambung Pangdam, Prajurit Yonif Raider 200/Bhakti Negara dituntut mampu melaksanakan Operasi Khusus dalam penanggulangan teror, lawan gerilya, pertempuran berlarut dan tugas-tugas lain atas perintah Komando Atas dengan memanfaatkan unsur pendadakan melalui kemampuan Raid maupun Mobile Udara yang dimiliki.

“Untuk itu, optimalkan peran para komandan satuan yang ada, mulai dari Komandan Regu sampai dengan Komandan Batalyon, dengan senantiasa berada di tengah-tengah anggotanya guna menumbuhkan kepedulian, interaksi dan komunikasi antara pemimpin dengan yang dipimpin, sehingga setiap pemimpin dapat cepat melihat permasalahan, cepat mengambil keputusan dan cepat mengambil tindakan sesuai dengan kapasitasnya,” pungkasnya.

Pada bagian akhir amanatnya Pangdam II/Swj berpesan untuk selalu menerapkan  motto Raider, cepat, senyap dan tepat dalam mencapai keberhasilan tugas pokok yakni, cepat dalam bertindak, senyap dalam bergerak dan tepat sesuai sasaran.

“Prajurit Raider tidak boleh lemah dan kalah, kalian  harus  menang  dan tidak boleh gagal dalam bertugas, lebih baik pulang nama dari pada gagal dalam tugas,” tegas Jenderal Bintang Dua di pundaknya ini.

Selain serahterima jabatan, dalam upacara tersebut juga dilakukan Pengambilan Sumpah pejabat baru Danyon Raider 200/BN dan Penandatanganan Fakta Integritas. Upacara sertijab tersebut dimeriahkan juga dengan demonstrasi dan atraksi yakni, Bela Diri Militer, Double Stik serta Mountenering yang dilakukan oleh ratusan prajurit Yonif Raider 200/BN.

Hadir pada kesempatan Sertijab tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Syafrial, psc., M. Tr (Han)., Wakapolda Sumsel Brigjen Pol Rudy Setiawan, Irdam II/Swj, Danrem 044/Gapo Kolonel Inf Sonny Septiono, para Perwira Staf Ahli Pangdam, Asrendam II/Swj, Perwira LO TNI AL dan LO TNI AU, para Asisten Kasdam II/Swj, Dan/Kabalak jajaran Kodam II/Swj, Kapolresta Palembang, unsur FKPD Sumsel, Ketua dan Wakil Ketua Persit beserta para pengurus Persit KCK PD II Sriwijaya serta para tamu undangan lainnya.

print