Pembina Adat Sumsel Bakal Gelar Pekan Adat Sumsel

0
41
Dudi

beritasebelas.com,Palembang – Pengurus harian Pembina Adat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel)  Jumat (24/1)  bertempat di Sinas Kebudayaan Dan Pariwisata Provinsi  Sumsel  menggelar pertemuan dengan acara pembahasan rakorda dan Pekan Adat Sumsel. Dua acara tersebut akan dilaksanakan pada waktu bersamaan.

Menurut Ketua Pembina Adat Sumsel, Albar S Subari SH SU dalam acara pekan adat Sumsel nanti tiap kabupaten dan kota se Sumsel akan menampilkan adat budaya masing masing.

“Tiap kabupaten/kota bebas memilih adat apa yang akan mereka tampilkan. Dengan batasan adalah adat daur kehidupan. Misalnya adat kelahiran, perkawinan dan adat pergaulan muda mudi. Tentu nanti akan dibatasi durasi yg sama tiap kabupaten kota,” kata Albar, Minggu 26 Januari 2020.

Diharapkan menurut Albar, nanti ini akan memotivasi generasi muda untuk mencintai kearifan lokal yang mulai digerus budaya asing.

“Pada acara pekan adat ini akan melibatkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten atau dinas yang terkait.  Acara seperti ini akan diprogram dapat berlanjut,” katanya.

Sedangkan lokasi acara Pekan Adat Sumsel ini nanti akan mengambil lokasi di Dekranasda, Jakabaring, Palembang,  dimana tiap kabupaten/kota berpusat dirumah adat masing masing.

“Tema yang akan diusung adalah Revitalisasi Adat Sumsel. Dengan sub tema Melalui Pekan Adat Dan Rakorda kita bangkitkan semangat membangun Sumsel maju untuk semua,” katanya.

Dampak acara ini menurutnya minimal akan bersinerginya pemangku adat kabupaten/kota dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten kota masing masing.

“Dan program seperti ini bisa di program setiap tahun seiring rakorda dan lokasi bisa berpindah pindah ke kabupaten kota yg bersedia,” katanya.

print