Pemkot Palembang Akan Canangkan , Visit Palembang Year 2023

0
58

[Kepala Dinas Pariwisata kota Palembang Isnaini Madani – foto : Dudi/beritasebelas.com]

Dudi

beritasebelas.com, Palembang – Kepala Dinas Pariwisata kota Palembang Isnaini Madani mengatakan, kalau kini pihaknya sudah banyak melakukan upaya pengembangan pariwisata di kota Palembang.

Kini Pemkot Palembang tengah melakukan penataan sungai Sekanak sepanjang 10 Km sampai tebus ke Sungai Musi arah Gandus.

“Jadi nembus ke sungai Lambidaro kemarin alhamdulilah bapak Walikota Palembang mendapatkan bantuan pemerintah pusat  sebesar lebih dari Rp250 miliar , selesainya 2022 dan tahapannya harus pembebasan dulu baru ditata lalu 2023  kita mencanangkan tahun kunjungan wisata Palembang,  visit Palembang Year 2023, karena jualan utama kita itu Sekanak Besolek itu, kita akan mengembalikan citra Palembang sebagai  venisia dari Timur sejak zaman Belanda,” katanya, Selasa (6/8).

Dia mencontohkan Sungai Sekanak yang  nantinya dapat dilewati bukan hanya perahu masyarakat tapi juga perahu wisata selain itu sepanjang alur sungai tersebut akan ada atraksi-atraksi.

“ Mungkin di setiap 10 Km, mungkin di setiap 500 meter atau setiap 1 Km atau sekian ratus meter ada spot atraksi. Atraksi-atraksi ini akan kita lihat memang pas untuk spot, mungkin disana ada heritage, kita stop disitu , kita buat atraksi , mungkin di Alquran Al Akbar, mungkin pas di simpang limo, mungkin disitu ada trans mart, mungkin samping  DPRD , kita buka pagar arah sungainya sehingga dia menyatu dengan gedung DPRD, gedungnya rakyat,” katanya.

Pihaknya juga akan membuat pasar wisata seperti pasar Sukowati di Bali, dimana seluruh oleh-oleh dipusatkan satu yaitu pasar wisata sekanak.

“ Lokasinya di pasar sekanak akan kita tata, dimana pasar tradisional sekanak tetap ada, eksis di bagian belakang namun daerah depan, daerah sungai di rubah menjadi pasar wisata dan memang sekarang sudah eksis bangunanya, itu khan pasar ikan tapi tak termanfaatkan, kita manfaatkan kita modif dikit menjadi pasar wisata, itu melalui bantuan Kementrian Perdagangan ,” katanya.

Isnaini menegaskan kalau pengembangan pariwisata di kota Palembang sudah lama terkonsep.

 “ Kalau bicara konsep, kita khan sudah one stop destination  of tourism., kita kembangkan kita realisasikan dengan konsep one stop destination  of tourism ini kita pada akhirnya bisa menambah long of stay para wisatawan ke Palembang tentu menambah devisa, PAD masuk ke Palembang itu tujuan mulia pariwisata bagaimana mensejahterakan masyarakat, bisa turut berkontribusi dalam membangun Palembang dari sektor pariwisata,” katanya.

Selain itu menurut Perda Kepariwisataan sudah di bahas di DPRD Palembang sekarang dalam tahap sosialisasi.

“ Dalam kesempatan ini , dalam tahap sosialisasi kita butuh kawan-kawan media, karena konsep pengembangan pariwisata ini adalah konsep pentahelik, yang penta yang kelima itu ya media, tanpa ada media, apa artinya pariwisata,” katanya.

Mengenai kritikan dan tudingan miring terhadap pengembangan pariwisata di Palembang , menurutnya dunia ini ada surga dan neraka, ada baik dan buruk, ada pesimis dan optimis dan itu semua dinilainya wajar.

“Wajar saja, kalau ada yang pesimis dak apo apo, aku dipihak yang optimis, aku pihak yang bagus, kalau kita pesimis galo  kita tidak bisa membangun,” katanya.

print