Pemuda Demokrat Indonesia Provinsi Sumsel Gelar Konferda

0
110
Dudi

beritasebelas.com,Palembang – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Pemuda Demokrat Indonesia Provinsi Sumatera Selatan menggelar Konferensi Daerah (Konferda) XII dan Silaturahmi Keluarga Besar Nasionalis – Marhaenis Sumatera Selatan di Asrama Haji Palembang, Kamis 16 Januari 2020.

Acara turut dihadiri oleh Ketua Umum DPP Pemuda Demokrat Indonesia Fandi Utomo, tokoh sepuh organisasi, Dato’ Ramli Sutanegara, Ketua DPD Pemuda Demokrat Indonesia Sumsel H Eftiyani Sanip SH, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumsel Ahmad Yusuf Wibowo mewakili Gubernur Sumsel, Asisten 1 Pemerintah Kota Palembang Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Faizal AR, dan perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah.

“Pelaksanaan Konferda Pemuda Demokrat Indonesia Sumsel berdasarkan SK DPP Pemuda Demokrat Indonesia No 2.004/KPTS/DPP Pemuda Demokrat Indonesia/VIII/2019 tentang komposisi dan personalia DPD Pemuda Demokrat Indonesia Sumatera Selatan,” kata Ketua DPD Pemuda Demokrat Indonesia Sumsel H Eftiyani.

Dikatakannya, pelaksanaan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari keputusan Kongres Pemuda Demokrat Indonesia ke-14 di Solo pada Desember 2018 lalu.

“Dalam kongres tersebut disebutkan, tugas kami adalah melakukan konsolidasi organisasi di tingkat cabang se Sumsel. Serta melaksanakan Konferda ke-12,” katanya.

Kepengurusan Pemuda Demokrat Indonesia di Sumsel, ia mengatakan, telah vakum selama sepuluh tahun.

“Alhamdulillah, dengan semangat Marhaen Bangkit, amanah dan perintah organisasi yang telah diberikan DPP dapat kami lakukan dengan baik. Hari ini Konferda dapat dilaksanakan,” katanya.

Agenda Konferda, ia melanjutkan, pemilihan pengurus masa bakti 2020-2025. Lalu penyusunan program kerja lima tahun ke depan. Serta, merekomendasi pada DPP untuk pengembangan organisasi di seluruh Indonesia.

“PR kita adalah membangkitkan kembali kekuatan Nasionalis Marhaenis di Sumsel. Kita kembalikan pada eranya Bung Karno,” katanya.

Adapun calon Ketua DPD Pemuda Demokrat Indonesia Sumsel, menurut dia, ada tiga orang. Mereka semua merupakan kader organisasi.

“Sistemnya pemilihan langsung. Kalau memang ada calon tunggal berarti aklamasi. Kalau lebih dari satu, kita pemilihan secara tertutup,” katanya.

Konferda ini juga dihadiri oleh 14 dewan pimpinan cabang dari 17 kabupaten dan kota yang ada di Sumsel. Serta 18 pengurus anak cabang se Kota Palembang.

Sedangkan Ketua Umum DPP Pemuda Demokrat Indonesia Fandi Utomo mengatakan, Pemuda Demokrat Indonesia akan menjadi pelopor soal patriotisme dan nasionalisme.

“Menghadapi Revolusi Industri 04, kita harus persiapkan para pemuda kita. Bung Efti, siapkan adik-adik kita menghadapi era bonus demografi. Di mana usia angkatan kerja kita lebih besar daripada usia tertanggung,”  katanya.

Dia mengharapkan Konferda berlangsung lancar dan menghasilkan pengurus yang baik. Serta bisa melanjutkan kepeloporan pemuda di bidang patriotism dan nasionalisme, khususnya dalam pembelaan pada kaum Marhaenis dan pemilik lahan kecil, yang tak punya akses pasar dan keuangan, serta tak punya akses kekuasaan. Di situlah Pemuda Demokrat Indonesia berada.

print