Perbaikan Infrastruktur Yang Rusak Akibat Bencana Alam Dapat Diperbaiki Menggunakan Dana Desa

0
18
A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Pasca banjir bandang yang menerjang wilayah Kecamatan Kikim Timur Kabupaten Lahat, tak sedikit infrastruktur yang hancur akibat diterjang banjir tersebut. Seperti, jembatan dan jalan setapak.

Namun, belum banyak kepala desa yang paham dan menerapkan perbaikan aset desa yang rusak akibat bencana alam ini dapat diperbaiki menggunakan dana desa.

Percepatan pembangunan infrastruktur yang hancur tersebut, dirasa perlu segera dilakukan agar aktifitas masyarakat dapat berjalan normal kembali. Seperti yang terjadi di Desa Muara Danau Kecamatan Kikim Timur yang Posyandu nya rusak akibat tersapu banjir bandang yang menghantam pada 9 Januari 2020 yang lalu.

“Kami selaku pendamping desa melakukan advokasi dan sosialisasi kepada khususnya kepala desa, bahwa dana desa dapat digunakan untuk pembangunan infrastruktur aset desa yang rusak akibat bencana alam, seperti banjir dan yang lainnya,” Kata Zulkarnain, Koordinator Program Pendamping Desa Provinsi Sumatera Selatan, Kamis, 16 Januari 2020.

Zulkarnain menambahkan, kini pihaknya selain fokus mensosialisasikan hal tersebut juga tengah mengumpulkan bantuan yang berasal dari seluruh pendamping desa se Sumatera Selatan untuk mengurangi sedikit beban korban banjir bandang di Kecamatan Kikim Timur.

“Sambil menyelam minum air. Selain mensosialisasikan pembangunan aset desa yang rusak akibat bencana alam dengan menggunakan dana desa, kami juga mendirikan Posko bantuan untuk membantu warga desa yang terdampak banjir khususnya di Kecamatan Kikim Timur ini,” pungkasnya.

print