Persoalan Sampah Masih Menghantui Kota Peraih Adipura Ini

0
27
[Tumpukan sampah di Jalan Letnan Marzuki-Talang Jawa Utara, Kota Lahat – foto A Yudiansyah beritasebelas]

A Yudiansyah

beritasebelas.com,Lahat – Persoalan sampah masih saja menjadi persoalan tidak ada habisnya di Kota Lahat. Padahal sabagai kota yang notabone peraih gelar Adipura, persoalan sampah harusnya bukan lagi menjadi persoalan utama.

Seperti pemandangan terlihat, tumpukan sampah disepanjang Jalan Letnan Marzuki–Talang Jawa Utara, yang merupakan jalan protokol Kota Lahat. Tumpukan sampah menggunung hingga menimbulkan bau yang tidak sedap.

Agus Kurniawan, seorang pelaku usaha disekitar lokasi tempat tumpukan sampah tersebut mengaku sangat dipusingkan oleh keadaan ini. Menurutnya sangat tidak manusiawi kelakuan orang-orang yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

“Sebenarnya permasalahan sampah ini sudah menjadi kesadaran dasar masyarakat. Hanya saja kami khususnya pelaku usaha sangat dirugikan dengan kelakuan masyarakat. Semestinya ada solusi dari pihak terkait untuk mengatasi ini,” ucap Agus Kurniawan kepada awak media, Rabu 31 Juli 2019.

Sementara itu Lurah Talang Jawa Utara, John Darmawansyah melalui Ketua RW 3, Ghufron, mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak RT untuk mencegah kejadian ini agar tidak berulang.

“Sampah di sana diduga bukan dari warga kita. Karena kalau untuk daerah kita sudah ada bentor yang menjemput langsung ke rumah warga. Ke depan kami akan berkoordinasi dengan RT untuk bagaimana menanggulangi masalah ini,” sampai Gufron saat dijumpai di Kantor Lurah.

Sementara itu pihak DLH melalui Bagian Pengelolaan Sampah mengatakan bahwa untuk pengangkutan sampah, memang saat ini pihak DLH terbentur juga oleh Armada.

“Untuk saat ini memang ada jadwal yang membuat pengangkutan sampah jadi agak lebih siang dari biasanya. Seperti di Talang Jawa Utara, tim sampah mengambil dan membuang terlebih dahulu. Baru kemudian mengangkut di daerah Talang Jawa. Hal ini disebabkan armada kita ada 2 yang rusak dan ditambah 1 lagi yang hilang. Pastinya ke depan akan ada solusi terbaik dari kita dan Pemkab Lahat,” ucap Samris selaku Bagian Pengelolaan Sampah DLH Lahat.

print