Pilih Ketua OSIS Rasa Pemilu Presiden

0
72
[Suasana pemilihan Ketua OSIS di SMAN Sumatera Selatan -Foto Arto beritasebelas]

Arto

beritasebelas.com,Palembang – Guna mewujudkan pembelajaran tentang kepemimpinan dan pembelajaran tentang pemilihan umum yang langsung umum bebas dan rahasia, pihak SMAN Sumatera Selatan memberlakukan pemilihan organisasi siswa intra sekolah (OSIS) berbasis Pemilu, Selasa 11 Desember 2018.

Pemilihan ini dilaksanakan dengan cara yang demokratis yang hampir sama dengan pemilihan eksekutif, seperti Pilkada maupun Pilpres yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum.

Terdapat 3 pasang kandidat Ketua dan Wakil Ketua OSIS yang berasal dari kelas XI. Pasangan nomor urut 1 Davit Ibrar dan Challeb Adi Parpa, pasangan nomor 2 adalah Edo Kurniawan dan Roby Rafirli, dan pasangan nomor 3 adalah Tegar Cahya Bayu Siregar dan Bachtiar Hafidz Ilham Pratama. Masing-masing pasangan kandidat diwajibkan memiliki tim sukses yang mendukung kampanye.

Sama seperti pemilihan Presiden, rangkaian proses pemilihan Ketua OSIS ini terdiri dari pendaftaran kandidat, penentuan nomor urut, masa kampanye, debat calon ketua dan wakil ketua OSIS, masa tenang, dan pemilihan.

Proses pendaftaran dilakukan dengan cara mengisi formulir pendaftaran dan mengumpulkan persyaratan yang diminta. Persyaratannya meliputi persyaratan akademik, visi dan misi, dan lembar persetujuan dari guru dan house parent. Setelah menerima beberapa pendaftar, komisi pemilihan Majelis Permusyawaratan Kelas di bawah Majelis Perwakilan Kelas (MPK).

Class Union akan menentukan kandidat yang memenuhi persyaratan. Penentuan nomor urut pasangan kandidat dilakukan dengan cara pengambilan nomor urut oleh masing-masing pasangan kandidat terpilih.

Masa kampanye dilaksanakan pada 19-29 November 2018. Pada masa kampanye tersebut masing-masing pasangan kandidat memperkenalkan visi misi yang akan mereka terapkan jika terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS.

Pada 30 November 2018 ketiga pasangan kandidat mengikuti debat dengan mosi yang telah ditentukan oleh komisi pemilihan Class Union. Setelah masa kampanye dan debat dilakukan terdapat masa tenang yang berlangsung pada 1-9 Desember 2018.

Puncaknya pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS dilakukan pada 10 Desember 2018 di lapangan indoor SMAN Sumatera Selatan dan dilakukan secara online.

“Sebetulnya sudah sejak tahun 2017 kita menggunakan sistem voting online untuk pemilihan Ketua OSIS. Selain dapat mengoptimalkan penggunaan kertas, voting online juga dapat menghemat waktu,”ungkap Eko Valery Freddie, MPd Wakil Kepala Bidang Kesiswaan.

Komisi pemilihan telah menyiapkan Lab ICT, Lab Bahasa, serta tempat pemungutan suara (TPS) yang telah dilengkapi dengan bilik-bilik pemungutan suara yang telah tersambung secara online. Namun, ada yang berbeda dengan pemilihan tahun ini. Seluruh guru dan staf SMAN Sumatera Selatan turut andil memberikan hak pilihnya.

“Karena seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di SMAN Sumatera Selatan mempunyai hak untuk memilih dan terlibat dalam proses kepemimpinan siswa,”jelas Eko.

Setiap siswa yang telah memilih akan mencelupkan jarinya ke tinta untuk menghindari pemilih ganda. Penghitungan suara dilakukan pada hari yang sama dan dimenangkan oleh Edo Kurniawan dan Roby Firli sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS, dengan perolehan 152 suara dari total 334 suara.

print