Ramai Soal Ghozali Everyday yang Miliki Aset Belasan Miliaran di NFT, Apa Itu NFT hingga Bisa Mendulang Untung Bernilai Fantastis

  • Bagikan

BERITASEBELAS.COM – Pemuda asal Indonesia ini mungkin tampak biasa saja, namun belakangan namanya jadi perbincangan hangat di media sosial.

Adalah Ghozali, pemuda asal Indonesia ini viral di media sosial lantaran dirinya meraup untung miliaran Rupiah.

Melalui akun Twitter Ghozali_Ghozalu, ia menceritakan bahwa keuntungan tersebut didapat dari foto selfie dirinya yang berwajah datar di depan komputer.

Pria asal Solo itu menjual satu foto selfie dengan harga 0,001 ETH atau setara dengan Rp 48 ribu. Total ada 933 foto yang ditawarkan.

Dia pun tidak menduga akan ada banyak orang yang minat membeli foto tersebut.

“Hari ini terjual lebih dari 230 NFT dan sampai sekarang saya tidak mengerti mengapa Anda ingin membeli NFT foto saya.

Saya berterima kasih kepada kalian selama lima tahun usaha saya terbayar,” tulisnya dalam Twitter @Ghozali_Ghozalu, Selasa (11/1/2022) lalu.

Hingga kini, koleksi NFT Ghozali Everyday termurah dijual seharga 0,28 ETH atau kisaran Rp 13,5 juta. Dengan total 933 koleksi, maka NFT milik Ghozali bernilai hampir Rp 12,6 miliar.

Sebelumnya, NFT sempat menjadi perbincangan dunia setelah rumah lelang Christie di AS menjual karya seni NFT yang pertama.

Melansir CNN Internasional, NFT tersebut berbentuk kolase gambar oleh seniman digital Beeple seharga USD 69,3 juta.

Baca Juga: Seakan Lelah Terus Bungkam Disangkut-pautkan dengan Masa Lalunya, Luna Maya Skakmat Syahrini dengan Nyatakan Hal Mengejutkan Ini: Kan Gue Duluan

Lantas, apa sebenarnya NFT itu?

Dalam istilah yang paling sederhana, NFT mengubah karya seni digital dan barang koleksi lainnya menjadi satu-satunya, aset yang dapat diverifikasi yang mudah diperdagangkan di blockchain.

Meskipun itu mungkin jauh dari sederhana bagi yang belum tahu untuk memahaminya, imbalannya sangat besar bagi banyak artis, musisi, influencer, dan sejenisnya, dengan investor menghabiskan banyak uang untuk memiliki versi gambar digital NFT.

Token yang tidak dapat dipertukarkan, atau NFT, merupakan bagian dari konten digital yang ditautkan ke blockchain, basis data digital yang menopang cryptocurrency seperti bitcoin dan ethereum.

NFT biasanya digunakan untuk membeli dan menjual karya seni digital dan dapat berbentuk GIF, tweet, kartu perdagangan virtual, gambar objek fisik, kulit video game, real estat virtual, dan banyak lagi.

Cara membeli NFT

Pada dasarnya, setiap gambar digital dapat dibeli sebagai NFT.

Tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membelinya, terutama jika Anda seorang pemula.

Anda harus memutuskan pasar mana yang akan dibeli, jenis dompet digital apa yang diperlukan untuk menyimpannya, dan jenis mata uang kripto apa yang Anda perlukan untuk menyelesaikan penjualan.

Beberapa pasar NFT yang paling umum termasuk OpenSea, Mintable, Nifty Gateway, dan Rarible.

Bagaimana cara menjual NFT?

NFT juga dijual di pasar dan prosesnya dapat bervariasi dari satu platform ke platform lainnya.

Anda pada dasarnya akan mengunggah konten Anda ke pasar kemudian ikuti petunjuk untuk mengubahnya menjadi NFT.

(*)

Baca Juga: Disebut Gila Sampai Banjir Hujatan Gara-gara Video yang Perlihatkan 2 ‘Anaknya’ Viral, Ivan Gunawa Tuding Boy William Biang Kerok dan Tuntut Hal ini

Halaman Selanjutnya 1|2| Show all >>

Artikel Asli

Sumber: gridhype.id

  • Bagikan