Ratusan Rumah Di Lahat Diterjang Banjir

0
83
Dudi

beritasebelas.com,Lahat – Ratusan rumah di Desa Lubuk Sepang, Kecamatan Pulau Pinang, Gunung Kembang, Kecamatan Kikim Timur, Kelurahan Pasar Bawah dan Kota Jaya, Taman Wisata TMC diterjang banjir bandang akibat hujan berintensitas tinggi yang terjadi di Kabupaten Lahat,  Sumatera Selatan , sejak Rabu ( 8/1) malam, hingga Kamis ( 9/1) pagi.

Hujan yang terjadi mengakibatkan luapan sungai Lematang hingga mengalir deras di pemukiman warga.

Berdasarkan informasi dari BPBD Sumsel,  banjir bandang terjadi pada, Kamis (9/1)  pukul 4 pagi di 4 kecamatan yaitu  Pulau Pinang arah ke Pagaralam, info terakhir sudah surut belum ada info kerusakan yang cukup berat kecuali rumah terendam.

Lalu Kecamatan Pseksu,  Gumay Talang,  Kikim Timur di mana di Gumay Talang ada 1 unit rumah hanyut, untuk Kikim  Timur belum ada info karena komunikasi belum tersambung.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Lahat Merjono, Kamis (9/1) pagi mengatakan, banjir yang terjadi diperkirakan hanya sementara dan terjadi tahunan.

“Lebih kurang seratus rumah terendam, jadi dia itu lewat air hanya lewat bukan terendam genangan bukan, dilewati air dari luapan Sungai Lematang, jadi kalau hujan berhenti dia berhenti,” ujarnya.

Selain banjir, terjadi juga longsor dengan diameter cukup besar menutup akses jalan penghubung di wilayah tersebut, namun kesiapan longsor sendiri yang sudah menjadi bencana tahunan di wilayah tersebut, BPBD sudah menyiagakan alat berat, hanya saja memang terkadang terkendala operator yang berada di luar daerah tersebut.

“Alat berat sudah siap, hanya saja operatornya belum datang karena operatornya berada di pagaralam, dan kita harapkan segera datang”, kata  Marjono.

Hingga informasi ini diturunkan belum adanya korban jiwa baik karena banjir bandang maupun longsor, namun saat ini BPBD masih berupaya melakukan evakuasi warga yang terdampak banjir di titik wilayah yang lebih aman, dan diharapkan banjir segera surut.

print