9 Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin C

Thursday, 1 February 2024
9 Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin C
9 Daftar Sayuran yang Mengandung Vitamin C

 

beritasebelas.com - Vitamin C sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan,banyak sayuran menawarkan nutrisi yang sangat baik ini.

Sayuran berdaun hijau, seperti kangkung dan brokoli, serta labu dan tomat, merupakan sayuran yang paling kaya vitamin C. Sumber bagus lainnya termasuk kubis Brussel, labu, dan kentang.

Memasukkan sayuran ini ke dalam makanan Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan vitamin C dan mendapatkan manfaat dari nutrisi penting ini, termasuk mendukung sistem kekebalan tubuh, bertindak sebagai antioksidan, dan membantu produksi kolagen. 

Oleh karenanya penting untuk memahami sayuran yang membantu Anda mendapatkan persentase vitamin C yang baik.

Dilansir dari Well Curve, Kamis (2/1), berikut ini adalah daftar sayuran yang mengandung vitamin C.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Makanan Mengandung Vitamin A, Pilihan Tepat untuk Tingkatkan Kesehatan Mata dan Kulit

1. Brokoli
Brokoli adalah nama umum yang dikaitkan dengan makan sehat. Namun, ia juga merupakan pembangkit tenaga vitamin C. 100 gram kemasan porsi hampir 132 mg vitamin C bersama dengan banyak serat, serat mikro, dan nutrisi.

Selain sebagai sumber vitamin C, brokoli juga berperan sebagai detoksifikasi dengan menghilangkan racun berbahaya dari darah. Jika Anda bertanya-tanya sayuran apa yang paling banyak mengandung vitamin C, maka jawabannya adalah brokoli. 

2. Bunga kol
Sayuran vitamin C musiman seperti kembang kol juga berfungsi sebagai sumber vitamin C yang baik. Secangkir kembang kol yang dicincang halus dapat menyediakan sekitar 45 mg vitamin C. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan vitamin K dan folat ke dalam asupan makanan harian Anda dengan kembang kol.

3. Bayam
Satu porsi 100 gram sayuran berdaun hijau seperti bayam sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin C harian Anda karena Anda bisa mendapatkan sebanyak 120 mg vitamin ini. 

4. Tomat
Tomat merupakan sumber penting vitamin C lainnya. 100 gram tomat mentah yang dipotong dadu mengandung 100 mg vitamin C. Tomat juga mengandung sifat anti-inflamasi yang baik dan bermanfaat untuk kulit.

Baca Juga: 6 Makanan yang Mengandung Vitamin D dan Cara Mendapatkannya dari Sumber Alami

5. Kubis
100 gram kubis mengandung sekitar 36,6 mg vitamin C, yang merupakan setengah dari total nilai yang direkomendasikan untuk manusia.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: jawapos.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler