Bukan Avanza dan Veloz, Tapi Salah Satu Mobil MPV Terpopuler di Indonesia Ini Punya Opsi Mesin Full Hybrid

Thursday, 1 February 2024
Bukan Avanza dan Veloz, Tapi Salah Satu Mobil MPV Terpopuler di Indonesia Ini Punya Opsi Mesin Full Hybrid
Bukan Avanza dan Veloz, Tapi Salah Satu Mobil MPV Terpopuler di Indonesia Ini Punya Opsi Mesin Full Hybrid

THAILAND, beritasebelas.com - Dahulu ketika Toyota Avanza dan Veloz generasi ketiga tengah dalam masa pengembangan, ada rumor bahwa mobil itu akan dibekali opsi mesin hybrid.

Namun, saat mobil itu meluncur, opsi mesin hybrid itu belum kunjung dihadirkan.

Di tahun 2022 silam, Suzuki “mencuri start” untuk menjual MPV hybrid mereka dengan Ertiga dengan mesin mild hybrid SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Baca Juga: Piala Asia 2023: Potensi Final Ideal Jepang vs Korea Selatan Bisa Terjadi, Tajikistan dan Yordania Kuda Hitam

Dan pada hari ini (1/2/2024) di Thailand, Mitsubishi Motors juga ikut “mencuri start” untuk menjual MPV full hybrid mereka dengan menghadirkan Xpander dan Xpander Cross HEV.

Melansir dari akun Instagram Indra Fathan, versi Hybrid dari salah satu mobil MPV terpopuler di Indonesia ini hadir dengan menggunakan basis model yang dijual saat ini.

Namun, ada beberapa hal yang menjadi pembeda antara Xpander standar maupun Xpander Hybrid.

Baca Juga: TKN Prabowo Gibran Imbau Masyarakat Hati-hati terhadap Fitnah dan Hoaks yang Semakin Meningkat

Yang paling utama adalah dapur pacunya, yang kini menggunakan mesin 100 cc lebih besar dari Xpander biasa, ditambah ia menggunakan teknologi hybrid.

Lebih tepatnya mesin 1.600 cc MIVEC Atkinson Cycle dengan tenaga 95 PS dan torsi 134 Nm, yang dipadukan dengan motor listrik bertenaga 116 PS dan torsi 255 Nm.

Sistem hybrid pada Xpander HEV ini tentu berbeda dengan sistem Hybrid yang juga diterapkan di kelas yang sama, yakni sistem SHVS di Suzuki Ertiga.

Baca Juga: Kue Putu Makanan Tradisional yang tetap eksis di Jaman Sekarang, Berikut Resepnya

Jika Ertiga menggunakan sistem mild hybrid untuk mengoptimalkan fungsi auto start stop layaknya di sepeda motor, sistem Hybrid di Xpander HEV ini kurang lebih mirip dengan sistem hybrid pada umumnya seperti halnya di Toyota Yaris Cross Hybrid.

Fakta menarik dari mesin ini adalah sistem hybrid di Xpander HEV ini merupakan sistem hybrid yang baru dikembangkan Mitsubishi dengan menggunakan basis teknologi PHEV mereka.

Mesin tersebut disalurkan ke dua roda depan melalui transmisi e-CVT dengan electric shifter baru di interiornya.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: suaramerdeka.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler