DIbandingkan Makhluk Hidup Yang Lain, Kenapa Manusia Hanya Ada 1 Ras (Jenis) Berikut Selengkapnya!

Thursday, 1 February 2024
DIbandingkan Makhluk Hidup Yang Lain, Kenapa Manusia Hanya Ada 1 Ras (Jenis) Berikut Selengkapnya!
DIbandingkan Makhluk Hidup Yang Lain, Kenapa Manusia Hanya Ada 1 Ras (Jenis) Berikut Selengkapnya!

beritasebelas.com - Setiap buka buku pelajaran, kita sering melihat bahwa hewan hewan diluar sana ada banyak jenisnya, tapi pertanyaannya tidak seperti mereka yang punya banyak saudara, kenapa kita manusia hanya sendirian? Kenapa hanya ada satu spesies yang disebut dengan “manusia”.

Sekarang spesies manusia memang hanya satu, tapi walaupun sekarang tidak ada temannya, sebenarnya kita pernah tidak sendiri. Tepatnya ratusan ribu tahun lalu, saat manusia modern masih punya saudara dan kemungkinan pernah menghabiskan waktu bareng sama mereka.

Pertama kita bertemu dengan saudara jauh kita dari eropa dan asia, dia adalah Homo Neanderthalensis . mereka ini tidak jauh berbeda dengan kita, dan pernah hidup bersama dengan manusia modern. Tidak hanya berinteraksi, menurut para ilmuwan, para pendahulu kita pernah punya hubungan yang lebih serius, alias sampai melahirkan keturunan. Apakah ada yang kebayang berpacaran dengan pasangan lintas spesies?

Dan meskipun sudah punah, kerennya sisa sisa kehidupan mereka masih bisa ditemukan ditubuh kita sendiri. Dan tidak hanya itu, sepupu kita itu menurunkan gen yang membantu mereka hidup di tempat tinggi, sampai melindungi diri dari penyakit. Dan lebih jauh ke masa lalu, kita ketemu lagi dengan saudara kita yang hidup satu zaman tapi mungkin tidak pernah ketemu. Dia adalah Homo Luzonensis, dan Homo Floresiensis.

Berbeda dengan manusia modern. Mereka ini ukurannya mini, sampai sampai dijuruki seperti karakter film “The Hobbit”. Ukuran mini saudara saudara kita ini jugalah yang membuat mereka jago bertahan hidup. Walaupun ujung ujungnya juga harus punah.

Tapi menariknya meskipun sudah tidak tinggal tulangnya saja, ada legenda yang bilang jika ada makhluk kecil berbulu yang ciri cirinya mirip seperti saudara kita jadi flores. Apakah legenda ini diturunkan dari manusia modern yang pernah tetanggaan sama mereka?

Jadi memang ada beberapa saudara manusia modern yang pernah hidup berdampingan sama kita. Tapi pertanyaan selanjutnya, apa yang membuat mereka akhirnya punah? Apakah karena kompetisi antar saudara? Predator yang menyerang, perubahan iklim, atau bencana yang melanda.

Jika kalian tahu jawabannya, kalian akan sangat membantu ilmuan karena sejauh ini, jawabannya masih sebuah misteri. Tapi bagaimana menurut kalian jika sampai saat ini masih ada saudara kita yang bertahan hidup, akan seperti apa dunia sekarang?

Jadi itulah nyatanya alasan kenapa spesies manusia Cuma ada 1. Jika manusia akan terus bertahan sampai masing masing akan datang, mungkinkah kita akan berevolusi lagi dan membentuk manusia manusia baru?   ***

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: tigaaksara.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler