Eks Menlu Iran Sebut AS Jadi Biang Kerok Tewasnya Presiden Raisi

Tuesday, 21 May 2024
Eks Menlu Iran Sebut AS Jadi Biang Kerok Tewasnya Presiden Raisi
Eks Menlu Iran Sebut AS Jadi Biang Kerok Tewasnya Presiden Raisi


BERITASEBELAS.COM -
Mantan Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif menyalahkan Amerika Serikat (AS) atas kecelakaan helikopter yang menyebabkan tewasnya Presiden Ebrahim Raisi dan beberapa pejabat tinggi pemerintah Iran.


Zarif mengatakan sanksi sepihak yang diberikan Washington terhadap Teheran berdampak buruk pada industri penerbangan sipil Iran.


Dia juga menyebut AS telah melarang penjualan suku cadang pesawat di Iran.


“Ini akan masuk dalam daftar hitam kejahatan AS terhadap rakyat Iran,” kata Zarif Kepada televisi pemerintah pada Senin (20/5/2024) mengutip dari Anadolu.


Iran pada Selasa (21/5/2024) akan menyelenggarakan prosesi pemakaman bagi Presiden Raisi, Menlu Hossein Amir-Abdollahian, dan para pejabat tinggi lainnya yang tewas dalam kecelakaan helikopter itu.


Setelah operasi pencarian sepanjang malam terhambat oleh cuaca buruk, Raisi, Amir-Abdollahian, dan para pejabat tinggi pada Senin pagi dinyatakan meninggal.


Puluhan tim penyelamat darurat dikirim ke daerah pegunungan di Provinsi Azerbaijan Timur di barat laut Iran, tempat kecelakaan itu terjadi pada Minggu (19/5/2024) sore.


Menurut Konstitusi Iran, Wakil Presiden Pertama Mohammad Mokhber akan mengambil alih kekuasaan kepresidenan, dan pemilihan umum akan diadakan dalam waktu 50 hari.


Sumber: inilah

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini