Guinea Tak Istimewa, Timnas Indonesia U-23 Bisa Menang, Ini Syaratnya

Thursday, 9 May 2024
Guinea Tak Istimewa, Timnas Indonesia U-23 Bisa Menang, Ini Syaratnya
Guinea Tak Istimewa, Timnas Indonesia U-23 Bisa Menang, Ini Syaratnya


BERITASEBELAS.COM -
PASUKAN Timnas Indonesia U-23 tak perlu minder menghadapi Guinea pada playoff Olimpiade Paris 2024. Sebab, Timnas Guinea U-23 tak terlalu istimewa dalam tiga laga terakhir mereka. 


Indonesia vs Guinea bakal digelar di Institut National du Football de Clairefontaine, Prancis, Kamis (9/5/2024) pukul 20.00 WIB. Laga ini menjadi kesempatan terakhir Garuda Muda untuk bisa mentas di Olimpiade Paris 2024.


Di atas kertas, banyak yang meremehkan peluang Timnas Indonesia U-23. Sebab, sang lawan yang merupakan peringkat keempat Piala Afrika U-23 2023 itu punya fisik dan power lebih kuat. Selain itu, tim berjuluk Syli National itu juga dihuni 13 pemain yang bermain di Eropa. Salah satunya, Ilaix Moriba, gelandang jebolan akademi Barcelona, La Masia, yang kini bermain untuk Getafe di Liga Spanyol. 


Meski begitu, Timnas Indonesia U-23 tak perlu ciut mental. Pasukan Garuda Muda harus bermain dengan nyali petarung tanpa kenal lelah apalagi takut. Pasalnya, Guinea U-23 ternyata tidak menunjukkan performa istimewa dalam tiga laga terakhir mereka.


Guinea Selalu Kalah dalam 3 Laga Terakhir

 

Tercatat, dalam tiga laga terakhir, Guinea tak pernah menang, dan selalu kalah. Dalam periode itu, mereka pun tumpul tak bisa mencetak gol, dan kebobolan empat kali. 


Guinea kalah 0-1 dari Mesir pada semifinal Piala Afrika U-23 2023, 4 Juli tahun lalu. Tiga hari berselang, mereka juga kalah adu penalti 3-4 setelah bermain imbang tanpa gol hingga perpanjangan waktu dalam perebutan peringkat ketiga. 


Setelah itu, Timnas Guinea U-23 sempat melakoni uji coba kontra Amerika Serikat di Spanyol, 22 Maret lalu. Pada laga tersebut, mereka juga kalah telak 0-3.


Memang, setelah itu Guinea U-23 sempat pesta 4-0, tapi itu terjadi saat mereka beruji coba kontra klub divisi keempat Spanyol, UE Olot, 26 Maret lalu. 


Statistik ini sedikit menggambarkan kualitas Timnas Guinea U-23 tak terlalu istimewa. Pelatih Timnas Indonesia U-23 harus bisa mencari kelemahan sang lawan. 


Selain itu, Guinea sudah cukup lama tak bertanding. Lebih dari sebulan mereka tak bermain secara tim setelah laga uji coba terakhir. Tentu, ini bisa memengaruhi sisi kompetitif mereka. 


Sebaliknya, mesin pasukan Garuda Muda masih panas usai tampil di Piala Asia U-23 2024. 


Timnas Indonesia U-23 Bisa Menang!


Dengan semua catatan di atas, tak ada alasan Timnas Indonesia U-23 kalah sebelum bertanding. Garuda Muda punya kans untuk memenangkan pertandingan. 


Syaratnya, Marselino Ferdinan dan kolega harus bisa bermain dengan penuh semangat juang, dan percaya diri, tak perlu ciut mental melihat lawan yang posturnya lebih besar. Ini tentu pekerjaan rumah tak mudah buat Pelatih Shin Tae-yong dan jajarannya setelah armadanya kalah dalam dua laga terakhir kontra Uzbekistan dan Irak. 


Selain percaya diri, para pemain Garuda Muda juga harus tampil tenang dan tak terburu-buru. Mereka harus sabar membangun serangan. 


Lebih jauh, Timnas Indonesia U-23 harus mampu bermain kolektif sebagai satu tim. Setiap pemain harus saling percaya dan tak boleh memaksa diri untuk tampil lebih dari rekannya yang lain. 


Selain itu, para pemain Indonesia juga sebisa mungkin perlu bermain taktis demi menghindari adu badan dengan lawan mengingat postur dan kekuatan fisik mereka yang lebih unggul. 


Terakhir, tentu Timnas Indonesia U-23 harus klinis memaksimalkan sekecil apapun peluang yang didapat. Jika semua bisa dilakukan, Garuda Muda bisa berharap faktor keberuntungan juga berpihak. 


Ayo, Garuda Muda bisa!


Sumber: inews

BERIKUTNYA

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini