Hubungan Industrial Serikat Pekerja PECGI Jadi Contoh, Komitmen Tingkatkan Produktivitas

Saturday, 3 February 2024
Hubungan Industrial Serikat Pekerja PECGI Jadi Contoh, Komitmen Tingkatkan Produktivitas
Hubungan Industrial Serikat Pekerja PECGI Jadi Contoh, Komitmen Tingkatkan Produktivitas

beritasebelas.com - Hubungan industrial yang harmonis dapat mendukung suasana kerja yang kondusif di mana semua pihak bekerja bersama-sama membangun kemitraan yang produktif.

Dalam rapat Kerja (Raker) Serikat Pekerja Panasonic Gobel Energy Indonesia-Federasi Serikat Pekerja Panasonic Gobel (SP PECGI-FSPGG di La Paris Tambun, Kabupaten Bekasi, Sabtu (3/2/2024) berkomitmen untuk meningkatkan hubungan industrial.

"Di Raker ini membahas tentang evaluasi program kerja tahun kemarin, di Raker ini pula kita membuat program kerja setahun kedepan apa yang harus lakukan,"kata Ketua SP PECGI, Romli Hidayat.

Dalam Raker kali ini SP PECGI berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas karyawan. Hubungan industrial antara karyawan dan manajemen harus berjalan baik, setiap permasalahan selalu dibicarakan dengan musyawarah.

"Kuncinya kita harus menjaga kepercayaan. Kita menempatkan diri bukan sebagai pihak yang berseberangan dengan manajamen, tetapi kita mitra dalam berpikir dan bermusyawarah dalam menghadapi setiap permasalahan di perusahaan terutama permasalahan karyawan,"kata dia.

SP PECGI menjadi salah satu contoh hubungan industrial yang harmonis, di tahun 2022 lalub serikat tersebut berhasil menyabet juara 1 lomba hubungan industrial di Kabupaten Bekasi.

"Saya lebih menekankan kepada anggota, sebelum anda meminta hak, lakukan dulu kewajibannya. Kami tidak pernah membela anggota kami yang salah, yang kami bela hak-haknya. Setiap masalah kita selesaikan dengan musyawarah dan duduk bareng,"paparnya.

Direktur Human Resources Development (HRD) & General Affair (GA) PT. Panasonic Gobel Energy Indonesia, Damiri Maulana menjelaskan hubungan industrial antara manajemen dan serikat pekerja sudah berjalan baik.

"Raker ini untuk peningkatan kualitas. Saat ini sudah sangat bagus, harus ditingkatkan terus sehingga menjadi valeu di perusahaan,"tuturnya.

Peran serikat pekerja kata dia sangat penting untuk membangun perusahaan. Raker ini jadi momentum untuk seluruh anggota memahami mengenai hubungan industrial.

Sekretaris Jenderal FSPGG, Tamrin Lihawa, menjelaskan raker merupakan bagian dari Anggaran Dasar Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) FSPGG. Masing-masing serikat memberikan informasi dan laporan kepada anggota perihal program kerja.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: urbanjabar.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini