Kesenangan Tradisional yang Tak Tergantikan: Getuk Lindri, Lezatnya Gurih Manis yang Menggoda Lidah

Friday, 2 February 2024
Kesenangan Tradisional yang Tak Tergantikan: Getuk Lindri, Lezatnya Gurih Manis yang Menggoda Lidah
Kesenangan Tradisional yang Tak Tergantikan: Getuk Lindri, Lezatnya Gurih Manis yang Menggoda Lidah

beritasebelas.com: Getuk Lindri, makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari ketan dan gula merah, telah lama menjadi favorit di kalangan masyarakat.

Dikenal dengan kelezatannya yang unik, dan menggugah selera Getuk Lindri tidak hanya menjadi camilan favorit tetapi juga bagian dari warisan budaya kuliner Indonesia yang kaya.

Camilan yang merupakan salah satu jenis makanan khas Jawa Tengah dan Jawa Timur yang memiliki cita rasa manis yang khas.

Baca Juga: Manfaat Ubi Kayu Sumber Karbohidrat bagi Kesehatan Manusia: Kekayaan Nutrisi dari Alam

Dibuat dari bahan dasar ketan yang dicampur dengan gula merah, Getuk Lindri memiliki tekstur yang kenyal namun lembut di dalamnya.

Dalam proses pembuatannya, ketan direbus hingga matang kemudian dicampur dengan gula merah yang telah dilelehkan, kemudian dibentuk bulat kecil dan dilapisi dengan kelapa parut.

Asal-usul Getuk Lindri dapat ditelusuri hingga zaman kerajaan Mataram. Konon, Getuk Lindri pertama kali diciptakan oleh para putri keraton Mataram yang ingin menciptakan makanan yang lezat dan bergizi bagi rakyatnya.

Baca Juga: Peringatan Kesehatan: Racun yang Terdapat di Umbi Keladi Membahayakan.Ini Tips Sederhana Menghilangkan Racun Keladi.

Seiring berjalannya waktu, Getuk Lindri pun menjadi makanan yang populer dan menjadi bagian dari tradisi kuliner Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Keunikan Getuk Lindri tidak hanya terletak pada rasanya yang lezat, tetapi juga pada cara penyajiannya yang unik.

Biasanya, Getuk Lindri disajikan dalam bentuk bulatan kecil yang dibungkus dengan daun pisang atau daun jati untuk menambah aroma khas.

Baca Juga: Mau Tahu Manfaat Dari Bunga Mawar: Kekayaan Ekologis, Ekonomi, dan Budaya Yang Tersebunyi

Selain itu, tekstur kenyal dari ketan yang dipadu dengan manisnya gula merah dan aroma kelapa parut membuat Getuk Lindri memiliki daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Meskipun makanan modern telah banyak bermunculan, namun kepopuleran Getuk Lindri tetap tidak tergoyahkan.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: perstoday.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler