Makin Cepat! BPJT Kebut Pembangunan Infrastruktur Tol Bocimi dengan Sinergi PT SMI dan PT WTR

Thursday, 1 February 2024
Makin Cepat! BPJT Kebut Pembangunan Infrastruktur Tol Bocimi dengan Sinergi PT SMI dan PT WTR
Makin Cepat! BPJT Kebut Pembangunan Infrastruktur Tol Bocimi dengan Sinergi PT SMI dan PT WTR

beritasebelas.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) resmi mengumumkan akuisisi 25% saham PT Trans Jabar Tol (TJT) dari PT Waskita Toll Road (WTR), sehingga PT SMI menjadi pemegang saham dengan andil sebesar 25%, sedangkan PT WTR memegang 74,99%, dan Koperasi Waskita memiliki 0,01%.

Tujuan utama akuisisi ini adalah untuk mempercepat proyek pembangunan Jalan Tol Ciawi – Sukabumi (Bocimi), khususnya pada seksi Cibadak – Sukabumi Barat yang tengah dalam tahap pembebasan lahan.

Proses akuisisi saham ini menunjukkan keseriusan PT SMI dan Waskita Group dalam mendukung Proyek Strategis Nasional, yang diharapkan akan memberikan manfaat signifikan bagi masyarakat.

Baca Juga: Persiapan HUT RI ke 79 di IKN: Progres Pembangunan Tahap Satu Ibu Kota Nusantara Capai 71,47 Persen

Penandatanganan Sales and Purchase Agreement (SPA) dilakukan pada 25 Januari 2024, di Kantor PT SMI, Gedung Sahid Sudirman Center, dengan Direktur Pembiayaan dan Investasi PT SMI, Sylvi J. Gani, dan President Director PT WTR, Daniel Fitzgerald Liman sebagai pihak yang meneken perjanjian.

Acara penandatanganan SPA juga dihadiri oleh beberapa pejabat tinggi, termasuk Asisten Deputi Bidang Infrastruktur Kementerian BUMN, Anindita Eka Wibisono, Direktur Jalan Bebas Hambatan Kementerian PUPR, Triono Junoasmono, Anggota Badan Pengatur Jalan Tol Unsur Pemangku Kepentingan Kementerian PUPR, R.

Sony Sulaksono Wibowo, Direktur Utama PT SMI, Edwin Syahruzad, serta Direktur Utama PT Waskita Karya, Muhammad Hanugroho.

Baca Juga: Proyek Jalan Lintas Selatan: Pembangunan Jembatan Kelok 18 Memasuki Tahap Signifikan

PT TJT, sebagai Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) pemegang konsesi Jalan Tol Bocimi di Jawa Barat, sebelumnya berhasil menyelesaikan pembangunan seksi Ciawi – Cigombong dan seksi Cigombong – Cibadak dengan total panjang 27,25 km.

Seksi Ciawi – Cigombong telah beroperasi sejak 2018, sementara seksi Cigombong – Cibadak memulai pengoperasian tanpa tarif pada 6 Agustus 2023.

Dengan akuisisi saham PT SMI, diharapkan penyelesaian proyek jalan tol Bocimi dapat dipercepat.

Baca Juga: Proyek Tol Jogja Bawen: Pengerjaan Intensif Menuju Operasional Awal 2025

Kerjasama strategis antara PT SMI dan PT WTR diharapkan dapat memberikan dukungan pendanaan yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek tersebut.

Penyelesaian dan pengoperasian jalan tol Bocimi diharapkan akan meningkatkan konektivitas di wilayah Jawa Barat, memberikan dampak positif pada perekonomian setempat, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: harianhaluan.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler