Manuver PKS Pasangkan Anies-Sohibul Iman, PKB: Bahaya! Bisa Nggak Dapat Mitra Koalisi!

Thursday, 27 June 2024
Manuver PKS Pasangkan Anies-Sohibul Iman, PKB: Bahaya! Bisa Nggak Dapat Mitra Koalisi!
Manuver PKS Pasangkan Anies-Sohibul Iman, PKB: Bahaya! Bisa Nggak Dapat Mitra Koalisi!




BERITASEBELAS.COM  - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai, manuver Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memasangkan Anies Baswedan dengan Sohibul Iman dinilai sangat bahaya dalam membentuk kerja sama politik pada Pilkada Serentak 2024.


 Sebab, PKS belum bisa mencalonkan secara pribadi pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur (cagub-cawagub) Jakarta.

 

"Ya bisa bahaya deadlock, bisa nggak dapat teman mitra koalisi," kata Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PKB, Syaiful Huda di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/6).

 

Ia tak memungkiri, PKS merupakan partai pemenang Pileg di Jakarta. Tapi belum memenuhi syarat 20 persen untuk bisa mencalonkan secara pribadi pasangan cagub-cawagub di Pilkada Jakarta.

 

 

"Kita tahu temen-temen kita PKS memang menang di pemilu legislatif kemarin. Tapi belum melampaui 20 persen karena baru 18 kursi, sementara 20 persennya 22 kursi," ucap Huda.

 

Karena itu, Huda menyebut manuver PKS sangat bahaya dalam membangun mitra koalisi. Meski memang DPP PKB telah menerima usulan dari DPW PKB Jakarta untuk mendukung Anies Baswedan pada kontestasi Pilkada Jakarta 2024.

 

"Jadi menurut saya model memborong begini, memborong figur untuk partai yang tidak memenuhi dan tidak punya golden tiket menurut saya bahaya itu, bahaya," cetus Huda.

 

Keputusan PKS mengusung Anies-Sohibul Iman sebelumnya secara resmi diumumkan Presiden PKS Ahmad Syaikhu dalam acara pembekalan bagi Calon Anggota Dewan Terpilih DPR RI dan DPRD Provinsi se-Indonesia di Hotel Sahid, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (25/6). Syaikhu mengatakan, keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan usulan dari DPW PKS Jakarta. 

 

"Pada rapat hari Kamis 20 Juni 2024 telah memutuskan, mengusung bapak Anies Rasyid Baswedan sebagai bakal calon gubernur dan bapak Muhammad Sohibul Iman sebagai bakal calon wakil gubernur, siap memperjuangkan memenangkannya," ucap Syaikhu kemarin.

 

 

Syaikhu menjelaskan, kedua tokoh yang diusung PKS itu memiliki rekam jejak yang baik selama berkarir di dunia politik. Karena itu, Syaikhu meminta kepada seluruh kader PKS untuk berjuang memenangkan pasangan tersebut. 

 

"Siap memenangkan pasangan Anies-Iman?siap memenangkan pasangan AMAN? Amankan, menangkan, amankan Jakarta Aman, Jakarta menang," pungkas Syaikhu


Sumber: jawapos

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini