Membuktikan Rasa Durian, Penjual Ini Cukup dengan Melakukan Cara Seperti Ini

Friday, 2 February 2024
Membuktikan Rasa Durian, Penjual Ini Cukup dengan Melakukan Cara Seperti Ini
Membuktikan Rasa Durian, Penjual Ini Cukup dengan Melakukan Cara Seperti Ini

KLIKANGGARAN -- Buah Durian yang memiliki julukan ‘The King of Fruit merupakan buah primadona dari negara tropis yang menjadi kecintaan banyak orang. Buah berduri ini memiliki aroma yang tajam dan cita rasa manis jika sudah matang.

Buah Durian yang belum sepenuhnya masak biasanya memiliki rasa yang tawar dengan tekstur lembek dan berdaging sedikit. Oleh sebab itu, Anda harus memahami ciri-ciri durian yang matang supaya tidak salah membeli.

Buah Durian yang sudah matang biasanya memiliki daging yang tebal, lembut, dan legit. Selain itu, terdapat beberapa ciri ujung duri berwarna cokelat.

Baca Juga: Bappeda Nagan Raya Menggelar Rapat Koordinasi Percepatan Pelaksanaan DAK dan Otsus

Bagi Keling Suratman (57) seorang penjual Durian yang mangkal di tepi jalan raya Banjarnegara-Wonosobo, tepatnya di jalan Desa Gembongan Kecamatan Banjarnegara, untuk mengetahui apakah buah durian itu rasanya manis atau masih mentah. Caranya sangat mudah, yaitu hanya dengan menjilati batang atau Tangkai durian.

" Tangkai atau gagangnya kita potong lalu kita jilat, rasanya manis, pahit atau adem. Dari rasa getah di tangkai itu, tanpa harus membukanya, sudah tahu rasa di dalam buah tersebut," jelas Keling sambil membuka buah durian usai menjilati Tangkai durian.

Cara ini ternyata sudah dilakukan Keling selama puluhan tahun dan terbukti bahwa rasa di tangkai itu akan sama dengan rasa di dalam buah Durian. Karena itu, Keling mengaku, semua yang beli durian di lapaknya tidak pernah merasa dibohongi.

" Sudah saya buktikan dan Alhamdulillah, terbukti. Para pembeli membuktikan sendiri sehingga mereka menjadi pelanggan setia kami," ujar Keling yang didampingi istrinya.

Keling menceritakan, sudah 16 tahun menjadi penjual durian dan hasilnya bisa menyekolahkan anak dan cucu. Durian jenis lokal dengan harga Rp 50 ribu hingga 150 ribu ini sehari bisa terjual hingga 200 butir.

Selain dari kebun sendiri, Keling juga mendapatkan durian dari petani yang ada di sekitar Banjarnegara.

Bagi yang mau membeli Durian di tempat ini tak perlu khawatir, karena penulis beberapa kali membuktikan sendiri. Hanya dengan menjilat gagang buahnya, dipastikan, akan sama dengan rasa di dalamnya. Anda boleh mencobanya (Nanang AN).

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: klikanggaran.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler