Mengenal Antigen dalam Golongan Darah

Friday, 2 February 2024
Mengenal Antigen dalam Golongan Darah
Mengenal Antigen dalam Golongan Darah

beritasebelas.com - Golongan darah pada seseorang ditentukan berdasarkan berbagai faktor, salah satunya adalah keberadaan antigen. Antigen sebagai protein di permukaan sel darah merah menyimpan peran penting bagi tubuh.

Bagaimana antigen dapat digunakan menjadi penentu golongan darah seseorang?

Sistem Golongan Darah

Terdapat berbagai sistem penggolongan darah pada manusia. Salah satu sistem yang paling umum digunakan adalah sistem golongan darah ABO dan sistem Rhesus.

Pada sistem ABO, darah dikelompokkan menjadi 4 kelompok berdasarkan keberadaan antigen A dan B di permukaan sel darah merah serta antibodi pada plasma darah.

Baca Juga: Manfaat Cek Golongan Darah dan Prosedur untuk Transfusi yang Aman

Kelompok golongan darah berdasarkan sistem ABO adalah sebagai berikut.

1. Golongan Darah A

Golongan darah ini dicirikan dengan adanya antigen A pada permukaan sel darah merah dan antibodi anti-B di plasma darah.

2. Golongan Darah B

Golongan darah ini dicirikan dengan adanya antigen B pada permukaan sel darah merah dan antibodi anti-A di plasma darah.

3. Golongan Darah AB

Golongan darah ini dicirikan dengan adanya antigen A dan B pada permukaan sel darah merah dan tidak ada antibodi terhadap antigen A dan B.

4. Golongan Darah O

Golongan darah ini dicirikan dengan tidak adanya antigen A maupun B pada permukaan sel darah merah dan adanya antibodi anti-A dan anti-B di plasma darah.

Baca Juga: Golongan Darah yang Rentan Terkena Penyakit

Berbeda dengan sistem ABO, sistem golongan darah Rhesus membagi populasi menjadi 2 kelompok saja berdasarkan keberadaan protein Rhesus atau faktor Rh di permukaan sel darah merah.

Terdapat lebih dari 50 macam antigen Rh yang telah ditemukan, tetapi pengelompokan yang digunakan saat ini lebih berfokus pada ada atau tidaknya protein Rhesus saja.

Tipe Rhesus yang paling sering digunakan dalam pengelompokan tersebut adalah tipe Rhesus D.

Artikel ini telah lebih dulu tayang di: suratdokter.com

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler