Poster Pelangi Prabowo-Gibran Trending di X, Fitnah atau?

Sunday, 3 December 2023
Poster Pelangi Prabowo-Gibran Trending di X, Fitnah atau?
Poster Pelangi Prabowo-Gibran Trending di X, Fitnah atau?



BERITASEBELAS.COM - Poster pelangi Prabowo-Gibran trending di X. Itu karena pelangi selama ini diketahui merupakan simbol dari kelompok Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) yang dianggap tidak sesuai dengan budaya di Indonesia.


Pembicaraan terkait poster yang menunjukkan Prabowo-Gibran mengenakan dasi pelangi ini menimbulkan perdebatan hebat di media sosial, khususnya X.


Kubu Prabowo-Gibran menyebut itu adalah fitnah. Sementara pihak lain menganggap itu pertama kali dimunculkan kubu pasangan nomor urut 2 yang berupaya menggalang dukungan dari LGBT.


Jubir TKN Prabowo-Gibran, Hariqo Wibawa Satria yang juga Direktur Eksekutif Komunikonten lewat akun X pribadinya, @hariqosatria menegaskan itu fitnah.


“Fitnah Prabowo – Gibran pakai dasi LGBT sudah dilihat 1.3 juta orang di twitter (dalam waktu kurang dari 24 jam, dan jumlah itu baru di satu akun medsos),” katanya, Sabtu (2/12/2023).


Ia melanjutkan, sungguh sangat amat sulit melawan fitnah, karena tidak ada konten yang mampu meluruskan sebuah fitnah sepenuhnya.


“Bahkan sampai hari ini, masih banyak warga yang belum tahu bahwa konten Prabowo menampar dan mencekik seorang Wamen adalah FITNAH yang keji,” lanjutnya.


“Sekurangnya, ada 28 konten kampanye hitam yang bertujuan mengurangi jumlah pemilih Prabowo-Gibran di TPS, yang terbanyak terkait isu SARA,” lanjutnya.


Hariqo Satria menegaskan, bisa jadi konten fitnah menguntungkan Capres “si tukang fitnah”. “Tapi ingat, konten fitnah adalah bentuk kecurangan yang merugikan Indonesia,” katanya mengingatkan.


“Mari lawan fitnah dengan kesabaran, keberanian dan semangat persaudaraan. Kita semua bersaudara, sebangsa setanah air. Salam hati damai,” lanjutnya.


Pengguna X dengan akun bernama @BahrudinHm mengatakan, dirinya meyakini poster itu memang diproduksi kubu Prabowo-Gibran. “Halah… nyebar sendiri, giliran diviralin teriak menyebar kebencian, ketauan arah permainan kalian,” ujarnya.


Founder of Drone Emprit and Media Kernels Indonesia, Ismail Fahmi ikut berkomentar lewat akun X pribadinya, @ismailfahmi.


“Om @hariqosatria, usul mungkin perlu diperjelas HOAX-nya dimana. Apakah: “Meme Prabowo-Gibran pake dasi pelangi itu tidak pernah dibuat oleh tim 02 sehingga meme ini hoax?”. Kalau ini casenya, sptnya akun @ferizandra  (19:19 WIB) dapat dari @AresFaresta  (13:44 WIB),” katanya.


“Atau “Dasi pelangi yang dipakai Prabowo-Gibran itu adalah dasi LGBT, itu adalah hoax karena dianggap tidak ada hubungannya dg LGBT”. Kalau ini casenya, akun @ferizandra  hanya nulis “pelangi” bukan LGBT. Demikian om, mungkin bisa diperjelas HOAX-nya dimana, yang benar apa,” katanya kepada Hariqo Satria.


Hariqo Satria lantas menjawab, “TKN Prabowo Gibran tidak pernah bikin poster seperti itu. Itu akun baru banget yang sengaja dibuat untuk menjatuhkan Prabowo-Gibran.”


“Nah menarik ini. Berarti akun AresFaresta ini yang perlu ditelisik,” kata Ismail Fahmi.


Hariqo Satria dalam tanggapan selanjutnya menuduh kubu pasangan nomor urut 1 sebagai pelaku.


“Betul sekali, dia juga memakai foto profil orang lain, untuk menjatuhkan Prabowo Gibran, dan kebetulan buzzer 01 sudah beberapa kali ketahuan menyebar fitnah, hoaks terkait identitas dan SARA yang merugikan Prabowo Gibran,” ujarnya.


Komentar itu ditanggapi balik netizen. “Kalau hoax, ya aku pernah lihat bbrp hari kemarin.. Kalau identitas dan SARA, mana buktinya?” ujar @DEdward_6.


Pengguna X dengan akun @abdllhkavaa menyebut itu diupload pihak Gerindra sendiri. “Poster ini diupload sendiri sm akun dpc gerindra,” tulisnya.


Belum jelas siapa yang pertama kali mengunggah poster itu.


Sumber: herald

BACA JUGA:

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler