Publik Sorot Kinerja Polisi Usai Tiga Pelaku Pembunuhan Vina Cirebon Buron 8 Tahun, Bareskrim Polri Bilang Begini

Friday, 17 May 2024
Publik Sorot Kinerja Polisi Usai Tiga Pelaku Pembunuhan Vina Cirebon Buron 8 Tahun, Bareskrim Polri Bilang Begini
Publik Sorot Kinerja Polisi Usai Tiga Pelaku Pembunuhan Vina Cirebon Buron 8 Tahun, Bareskrim Polri Bilang Begini



BERITASEBELAS.COM  - Tabir misteri kasus pembunuhan Vina dan Eky di Kota Cirebon, Jawa Barat belakangan kembali menjadi perhatian publik. 


Kasus tersebut kembali disorot publik usai rilisnya film bergenre horor Vina Sebelum 7 Hari dengan berdasarkan kisah nyata aksi pembunuhan tersebut oleh 11 pelakunya. 


Bukan tanpa dasar kasus tersebut kembali menyita perhatian publik melainkan masih terdapat tiga orang pelaku pembunuhan yang masih buron usai 8 tahun kasus tersebut berlalu. Polda Jawa Barat pun merespons sorotan publik terkait tiga pelaku pembunuhan Vina Cirebon yang masih menghirup udara bebas. 


 Direktur Reskrimum Polda Jawa Barat, Kombes Surawan mengaku pihaknya baru membuka kembali lembaran perkara kasus tersebut. 


Surawan mengaku pihaknya tengah berupaya untuk mencari keberadaan dan menangkap ketiga pelaku yang buron itu. "Kami baru pelajari kasus ini, belum lama kita pelajari. 


Kita fokus dulu ke tiga tersangka yang belum tertangkap," katanya saat wawancara dengan tv One, Kamis (16/5/2024). Di sisi lain, Bareskrim Polri tak tinggal diam usai Sorotan publik yang terus mengkritisi kinerja kepolisian. 


Pasalnya, polemik terus bermunculan di publik usai ketiga pelaku yang tak kunjung tertangkap selama 8 tahun. 


Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro mengaku pihaknya menerjunkan tim untuk berburu tiga buronan pelaku pembunuhan itu.  


"Kami turunkan tim untuk back up Polda Jabar (Jawa Barat)," kata Djuhandani saat dikonfirmasi awak media, Jakarta, Kamis (16/5/2024). 


Film Vina Sebelum 7 Hari Tayang di Bioskop, Keluarga Alami Peristiwa Ini Kasus pemerkosaan dan pembunuhan kejih Vina Dewi Arsita bersama kekasihnya Muhammad Rizky Rudiana alias Eky di Cirebon, Jawa Barat pada tahun 2016 silam kembali menyita perhatian publik. 


Pasalnya, kasus tersebut kembali menjadi perbincangan publik usai film Vina Sebelum 7 Hari tayang serentak pada di bioskop tanah air. 


Namun film bergenre horor ini justru menjadi acuan kilas balik pengungkapan kasus pemerkosaan dan pembunuhan terhadap Vina yang dilakukan oleh geng motor. 


Film Kisah Nyata Peristiwa Tragis yang Dialami Vina dan Eky Kisah tragis pembunuhan sejoli muda itu pun menginspirasi sutradara kawakan Anggy Umbara untuk membuat karya filmnya.


 Lantas film garapan itu pun turut mengungkap kilas balik kisah tragis pemerkosaan dan pembunuhan yang dialami Vina. Namun, terdapat kisah lain yang dialami oleh keluarga usai penayangan Film Vina Sebelum 7 Hari. 


Kakak Vina, Marliyana (33) mengaku peristiwa yang dialaminya itu berupa keluarganya yang didatangi seorang pria. 


Kedatangan pria tersebut bermaksud meminta keluarga Vina untuk tak mengungkap kembali kasus pemerkosaan dan pembunuhan yang terjadi. "Sebelum ada film ini situasinya biasa saja. 


Tapi begitu kisah tragis adik saya ini difilmkan, ada seorang pria mendatangi keluarga kami minta agar kasusnya jangan kembali dibuka," kata Marliyana, Selasa (14/5/2024).  Marliyana mengaku film tersebut hampir sepenuhnya mengisahkan kisah tragis pembunuhan sang adik bersama kekasihnya. 


Berbekal kisah nyata yang difilmkan itu, lantas Marliayana pun berharap pihak kepolisian dapat menangkap tiga pelaku pemerkosaan dan pembunuhan yang telah buron sekira 8 tahun itu. 


"Kami (keluarga) berharap dapat menggugah pihak kepolisian untuk membuka kembali kasus yang dialami adik saya ini,” harap Marliyana. "Yang saya ingat pelakunya cuma si Egy. 


Kalau dua orang lainnya itu saya lupa namanya. Jadi Eky ini pacarnya Vina dan Egy suka sama Vina. Kemungkinan Egy cemburu lalu merencanakan membunuh Vina dan Eky. 


Ya si Egy dalam semua kejadian itu. Dari sebelum ada film ini keluarga juga mempertanyakan soal ketiga pelaku yang masih buron. 


Dan kami juga berharap Egy (pelaku utama) dan dua pelaku lainnya ditangkap,” sambungnya. 


 Kasus Pembunuhan Vina dan Eky Terungkap Kasus pembunuhan terhadap Vina dan Eky terjadi pada Agustus 2016 dengan pelaku geng motor di Cirebon, Jawa Barat. Polresta Cirebon menetapkan 11 anggota geng motor sebagai tersangka kasus pembunuhan disertai pemerkosaan tersebut. 


Sebelumnya kasus kematian Vina dan Eky ditengarai akibat kecelakaan lalu lintas yang terjadi. Namun, sejoli muda itu ternyata menjadi korban pembunuhan sadis oleh geng motor tersebut. 


Hingga saat ini terdapat tiga orang tersangka pembunuhan dan pemerkosaan yang masih buron usai 8 tahun kasus tersebut.


 Polisi mengungkap ketiga pelaku yang buron itu beridentitas Andi (23), Dani (20), dan Pegi alias Perong (22). Sementara 8 pelaku lain yang telah menjalani masa hukumannya yakni Jaya, Supriyanto, Eka Sandi, Hadi Saputra, Eko Ramadhani, Sudirman, Rivaldi Aditya Wardana, dan Saka Tatal



Sumber: tvOne

SEBELUMNYA

Komentar

Artikel Terkait

Terkini